Cegah Covid-19, Pengunjung Siantar Zoo Wajib Periksa Suhu Tubuh Sebelum Masuk -->

Advertisement

Cegah Covid-19, Pengunjung Siantar Zoo Wajib Periksa Suhu Tubuh Sebelum Masuk

Selasa, 03 November 2020

GLOBALMEDAN.COM,MEDAN

Penetapan cuti bersama saat libur Maulid Nabi Muhammad SAW sejak, 28 Oktober hingga 1 Nopember 2020 dimanfaatkan masyarakat untuk pergi liburan, baik berwisata maupun pulang kampung.

Salahsatu tempat yang menjadi sasaran kunjungan saat liburan itu adalah Taman Hewan Pematang Siantar atau Siantar Zoo.

Hasil pengamatan di lokasi objek wisata itu pada Minggu (1/11) terlihat dipadati para wisatawan lokal maupun luar kota.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, para pengunjung yang datang diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan prinsip 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Untuk itu pihak pengelola Siantar Zoo juga telah menyediakan 2 set tempat cuci tangan di luar area dan beberapa set di dalam area taman hewan tersebut.

Salahseorang pengunjung asal Medan Hanis menyebutkan, dia bersama keluarganya mengunjungi Siantar Zoo untuk mengisi liburan panjang setelah merasa jenuh di rumah sejak mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia.

Hanis mengaku respek dengan pihak pengelola Siantar Zoo yang telah mempersiapkan fasilitas untuk pencegahan covid-19.

" Saya suka dengan dispilin penerapan protokol kesehatan yang disediakan pihak pengelola berupa 2 paket westafel di depan pintu masuk dan beberapa lagi di dalam taman," kata Hanis.

Penerapan protokol kesehatan itu juga terlihat dari para pengunjung yang menyadari pentingnya memakai masker dan menjaga jarak.

"Meskipun ramai pengunjung tapi saya menilai masih ada jaga jarak antara sesama pengunjung saat melihat hewan-hewan dari luar kandang," ucap Hanis.

Sementara itu salah seorang petugas Siantar Zoo, Iwan menyebutkan pengunjung selain diwajibkan mengenakan masker juga mencuci tangan sebelum masuk area dan pengecekan suhu tubuhnya.

Dia menilai tingkat kepatuhan pengunjung dalam menerapkan protokol kesehatan cukup baik, meski diakuinya masih ada beberapa pengunjung yang tidak patuh karena melepas masker untuk menghirup udara segar maupun terlalu rapat dengan sesama pengunjung.

Namun petugas melalui
pengeras suara yang dipasang di tengah lokasi taman hewan tersebut berulang kali mengingatkan para pengunjung untuk menjalankan protokol kesehatan.

"Disiplin penerapan protokol kesehatan ini wajib kami lakukan guna menjaga rasa aman dan nyaman selama berekreasi serta mencegah penyebaran covid-19," kata Iwan.

Menurut Iwan, pihak pengelola taman kebun binatang maupun tempat wisata lainnya sudah diingatkan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 agar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan Kemenkes untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. ( swisma)