Cegah Covid-19,Tim FK USU Sosialisasi 3M Plus Berjemur -->

Advertisement

Cegah Covid-19,Tim FK USU Sosialisasi 3M Plus Berjemur

Selasa, 08 Desember 2020

JAGA JARAK.
Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Skim Dosen Mengabdi FK USU, Dr dr Aida Fitri SpS (K), bersama anggota tim, menunjukkan cara berfoto dengan jaga jarak saat di masa Pandemi Covid-19.



GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (FK USU) kembali mengadakan tri dharma perguruan tinggi melalui prigram pengabdian pada masyarakat di Kecamatan Medan Selayang.

Kegiatan itu bertujuan untuk mengetahui mengenai pemahaman warga di kecamatan tersebut terhadap upaya pencegahan Covid-19.

Hal itu seiring dengan terjadinya peningkatan angka kasus terkonfirmasi virus Corona (Covid-19) secara global setiap harinya.

Pemutusan rantai penularan dengan isolasi deteksi dini dan melakukan proteksi dasar, adalah kunci menurunkan risiko terpapar penyakit ini.

“Karena itu, tim pengabdian masyarakat merasa sangat perlu melakukan kegiatan ini,” ujar Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Skim Dosen Mengabdi FK USU, Dr dr Aida Fitri SpS (K), Minggu (6/12/2020).

Didampingi anggota tim lainnya, Aida menyebutkan, pada tahap awal, tim menyebarkan kuisioner kepada 195 orang warga di Kecamatan Medan Selayang.

"Dari hasil kuisioner kita ketahui belum seluruh warga memahami mengenai upaya pencegahan Covid-19," ungkapnya.

Dengan demikian pada tahap berikutnya, tim melakukan sosialisasi upaya pencegahan Covid-19 untuk meningkatkan pemahaman pada seluruh warga di Kecamatan Medan Selayang tersebut.

Dijelaskannya, saat kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim ditemani pegawai Kecamatan Medan Selayang, yaitu Irawaty.

Menurut Aida, pihaknya juga menyebarkan video yang ditayangkan melalui kanal YouTube, mengenai upaya pencegahan Covid-19 yang terdiri dari 3M (memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan).

Selain itu, katanya tim juga memberikan penjelasan cara menggunakan masker yang benar, yakni menutup hidung, mulut, dan dagu.

Sedangkan untuk penggunaan masker kain yang dianjurkan adalah maksimal 4 jam, sedangkan jarak minimal yang aman adalah 1 meter.

"Dalam masa pandemi ini, kita tidak dianjurkan untuk bersalaman dengan jabat tangan dan menyentuh mata, hidung, serta mulut dengan tangan yang belum bersih," bebernya.

Untuk itu dia menganjurkan agar menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk/bersin dan rajin mencuci tangan minimal selama 20 detik.

"Sebaiknya saat mencuci tangan itu dengan menggunakan sabun dan di bawah air mengalir," kata Aida.

Salah satu upaya pencegahan terhadap penyakit covid tersebur, tambahnya dianjurkan untuk berjemur di bawah sinar matahari sekitar pukul 9 pagi selama 5-15 menit.

"Dengan menerapkan hal-hal tersebut, diharapkan penularan Covid-19 dapat dicegah. Sehingga kasus Covid-19 dapat semakin menurun dan masa pandemi ini segera berlalu agar kita segera dapat beraktivitas seperti sediakala, sebelum virus Corona muncul,” tandasnya.

Sementara itu pegawai Kecamatan Medan Selayang, Irawaty mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini sangat baik, mengingat masih banyak warga masyarakat yang lalai dan mempunyai pemahaman yang salah tentang Covid-19.

"Dengan adanya kegiatan ini dapat membantu warga terutama di Kecamatan Medan Selayang menjadi lebih mawas diri, karena sampai saat ini kasus Covid-19 masih cukup tinggi,” ujarnya. ( swisma)