14 Januari 2021, Vaksinasi COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan di Sumut -->

Advertisement

14 Januari 2021, Vaksinasi COVID-19 untuk Tenaga Kesehatan di Sumut

Jumat, 08 Januari 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Vaksin COVID-19 dari PT Biofarma tiba di Bandara Intenasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara pada Selasa (5/1)

Vaksin tiba sekitar pukul 06.50 WIB dengan menggunakan maskapai Lion Air dengan nomor penerbangan JT 210. Vaksin yang dikemas dalam 20 koli dengan total berat 772 kilogram tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian dan petugas dinas kesehatan.

Vaksin tersebut nantinya akan disimpan di tempat penyimpanan khusus di gudang Dinas Kesehatan Sumut.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan vaksinasi COVID-19 tahap pertama di wilayah tersebut akan dimulai pada 14 Januari 2021 yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes).

"Rencana tanggal 14 ini sudah harus mulai," katanya di Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Sumut, Selasa (5/1).

Ia mengatakan dari total jumlah 72.451 tenaga kesehatan yang tersebar di 33 kabupaten/kota di Sumut, vaksinasi terlebih dahulu difokuskan kepada tenaga kesehatan yang menangani pasien pasien COVID-19 di rumah sakit.

"72.451 harusnya, kebutuhannya sesuai yang kita ajukan, memang jumlah tenaga kesehatan kita sejumlah itu, tetapi yang ada sekarang 40.000 vial. Ini nanti akan diatur oleh kepala dinas kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut dr Alwi Mujahit Hasibuan mengatakan bahwa lokasi untuk proses vaksinasi hingga saat ini belum ditentukan.

"Kita belum sampai ke situ, tapi pasti di tempat yang ditunjuk untuk tempat vaksin," katanya.

BRIMOB  KAWAL VAKSIN

Kepolisian Daerah Sumatera Utara menurunkan personel Brimob bersenjata lengkap untuk mengawal vaksin COVID-19 buatan Sinovac China dari PT Biofarma, Jawa Barat, yang tiba di Bandara Intenasional Kualanamu, Selasa (5/1).

Para personel dari Detasemen Gegana Brimob Polda Sumut itu mengawal perjalanan vaksin COVID-19 dari bandara menuju gudang penyimpanan khusus milik Dinas Kesehatan Sumut.

Sebelum ke gudang penyimpanan, vaksin COVID-19 tersebut dibawa ke Posko Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 yang diterima langsung oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Sebanyak 40.000 dosis vaksin tiba di Bandara Internasional Kualanamu sekitar pukul 06.50 WIB dengan menggunakan maskapai penerbangan Lion dengan nomor penerbangan JT 210.

Vaksin yang dikemas dengan 20 koli dengan berat 772 kilogram. (swisma)