Ajak masyarakat Gunakan Produk RI, BI Sumut - SMKN 8 Medan Dukung UMKM Fashion -->

Advertisement

Ajak masyarakat Gunakan Produk RI, BI Sumut - SMKN 8 Medan Dukung UMKM Fashion

Kamis, 11 Maret 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Kantor Perwakilan Bank Indonedia (KPw BI) Sumatera Utara berkolaborasi bersama SMK Negeri 8 Medan guna mengajak masyarakat menggunakan produk buatan Indonesia.

Kepala KPw BI Sumut, Soekowardojo menyampaikan, fashion show basil program inkubasi desain mode dan produksi baju siap pakai SMKN 8 Medan dan Bank Inonesia (BI) Sumut tersebut telah dimulai sejak 22 Februari lalu hingga 10 Maret 2021.

“Dengan kegiatan ini diharapkan tidak hanya ketika ada acara tetapi berkelanjutan. Hal itu sebagai wujud, yang harus dibanggakan menggunakan buatan Indonesia”, paparnya, Rabu (10/3/2021).

Menurutnya apa yang sudah dilakukan BI melalui kolaborasi dengan SMKN 8 serta desainer yang terus berkesinambungan.

Diakuinya hingga saat ini sangat sulit mencari desainer penjahit baju. Pada hal tampilan desainer lokal, sangat berpeluang bagi desainer di Kota yang berkiprah dan bersaing sekaligus menciptakan peluang usaha baru dibidang desainer.

Untuk itu Bank Indonesia Sumut  berkolaborasi dengan SMKN 8 Medan
dengan mengajak para tenaga pendidik di sekolah ini mampu memberikan yang terbaik serta berbagi pengalaman sesama seprofesi lainnya.

“Kita tetap berjalan mengembangkan produk lainnya, dan melihat apa yang harus di kembangkan. Mari kembangkan UMKM, ajak masyarakat Sumut untuk tetap bangga menggunakan produk sendiri,” ajaknya.

Program yang diawali memilih 40 perseta pelatihan, dari 58 perajin, penenun dan pembatik, baik dari Medan, Binjai, Deli Serdang, Sergai, Binjai, Langkat, Tebintinggi dan lainnya.

Dari 40 orang penenun tersebut, dibagi menjadi dua kelas yakni kelas mode dan penjahit yang masing-masing diberi pengetahuan tentang desain, warna, busana, motif dan lainnya.

Dari pakaian yang belum jadi, setengah jadi dan yang sudah jadi.

Sementara Kepsek SMKN 8 Hidup Simanjuntak MSi melalui sambutannya mengapresiasi apa yang dilakukan Bank Indonesia serta memilih SMKN 8 sebagai mitra kolaborasi.

“Berharap kerjasama terus ditingkat dan berkelanjutan kedepannya,” ujar Hidup Simanjuntak.

Di kesempatan itu, Widgio Rahardi Fashion Desainer menyampaikan sangat mengapresiasi program dari Bank Innonesia Sumut.

” Dengan adanya tenaga terampil dari lokal, azkan semakin memabnah nilai jual dan siap bersaing di pasar. Pakaian siap jadi terus bersaing di pasar fashion. Selama pelatihan, kita tetp awasi, arahkan dan binming pada perserta denga serius, sehinggga hasilnya semakin baik,” ujar Widgio Rahardi

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Medan mengapresiasi digelarnya Fashion Show program Inkubasi Desain Mode dan Produksi Baju Siap Pakai kolaboradi Bank Indonesia Kantor Perwakilan Medan dengan SMKN 8 Meden dan Dekranasdna Kota Medan.

Melalui kegiatan ini  yang merupakan Program BI Sumut ini diharapkan dapat menggali potensi di bidang fashion dan melahirkan para desainer yang profesional. (swisma)