Sehat Bersama Tourism Malaysia Medan-Media lewat "Gocamang" -->

Advertisement

Sehat Bersama Tourism Malaysia Medan-Media lewat "Gocamang"

Sabtu, 29 Mei 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Tourism Malaysia Medan bersama sejumlah jurnalis dari berbagai media jalin silaturahmi lewat "Gocamang" atau gowes mencari mangga, Sabtu (29/5/2021).

Gocamang yang diinisiasi Direktur Tourism Malaysia Medan, En Hishamuddin Mustafa itu menyusul kesuksesan gelaran yang sama, yakni Gowes Dua Negara minggu lalu dengan mengunjungi Desa Wisata Pematang Johar.

Pada gowes kali ini cukup singkat dengan jarak tempuh lebih kurang 13 Km. Dimulai dari tempat kediaman Direktur Tourism Malaysia Medan hingga mengelilingi beberapa ruas jalan antara lain, di seputaran kawasan Jalan Imam Bonjol, Mustang, Monggisidi, Polonia, Balai Desa, Starban, Karya Sejati, Karya Kasih.

Kemudian keluar kembali ke Jalan Monggisidi menuju Jalan Patimura, Jamin Ginting dan seterusnya mengelilingi kampus Universitas Sumatera Utara di Jalan Dr. Mansyur.


Selanjutnya balik lagi menuju Jalan Jamin Ginting, Mongosidi, Dr Cipto, Masdulhak, Jalan Walikota dan masuk ke Jalan Mustang lalu kembali ke Jalan Imam Bonjol menuju ke rumah Hishamuddin Mustafa.

Hishamuddin menilai gowes kali ini cukup menarik bahkan terbilang unik jika dibandingkan dengan konsep gowes yang pernah diselenggarakan Tourism Malaysia Medan sebelumnya.

Pasalnya, selain mencari kebugaran tubuh dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan sejumlah wartawan dari berbagai media, gowes alakadarnya ini sebenarnya memiliki misi untuk mencari buah mangga. Sesuai dengan tema acara yang digagas Hishamuddin.  


“Di Medan sekarang ini lagi musim mangga. Jadi, bersama kawan-kawan media sepakat untuk melakukan gowes sambil mencari mangga," kata Hishamuddin sambil tertawa.

Keseruan dari program tersebut diakui Hishamuddin cukup menggelitik. Karena membuatnya sering menoleh kiri ke kanan untuk mencari pohon mangga di sekitar pemukiman warga, disepanjang jalan yang dilintasinya dan berharap mangganya bisa dibeli untuk dibawa pulang.

“Kan judul programnya mencari mangga. kalau ada pohon mangga di rumah warga, bisa lah kita beli," katanya dengan suara tawa yang terdengar keras menjadi ciri khasnya tersebut.


Tapi sayangnya, mangga masih belum didapat. Namun sesaat mendekati titik akhir rute gowes, rombongan malah menemui pedagang mangga dadakan yang kebetulan nonggok di atas trotoar pinggir badan jalan.

Tanpa menunggu lama kemudian rombongan pun memborong separuh mangga yang dijual pedangan tersebut.  


Hishamuddin tak menyangka kalau program Gocamang bisa terlaksanakan dengan sukses. Padahal ide spontanitas ini muncul berawal dari percakapan biasa di group Whatshapp TM Medan, yang sebelumnya membahas tentang kehebohan gowes Tourism Malaysia Medan.

Saat tengah asik membahas tentang gowes, salah seorang anggota group yakni Muhammad Faisal (ucok) tiba-tiba menyebarkan foto mangga hasil panennya di dalam group sehingga memancing respon dari anggota group lainnya.

Alhasil, percakapan pun sontak berubah sehingga muncul ide untuk menamai tema kegiatan gowes tersebut menjadi ‘Gocamang’.

Nama ‘Gocamang’ diberikan Hishamuddin itu mendapat sambutan hangat dari para wartawan yang tergabung di group Whatshapp TM (Tourism Malaysia) Medan dan bersepakat untuk menyukseskan program tersebut. 



Menurut Hishamuddin, banyak keseruan postif didapat dari Gocamang. Antara lain dapat membangkitkan semangat dari para wartawan untuk kembali bersepeda, setelah sekian lama tak pernah menjamah sepeda.

Kemudian yang utama adalah semakin memperat kekompakan dan meningkatkan tali silaturahim antara Tourism Malaysia Medan dengan para awak media. 

“Saya terharu dengan kekompakan kawan-kawan media yang senantiasa selalu mendukung TM Medan. Saya yang diperantau ini sangat berbahagia mendapat teman-teman yang baik dan bisa saling mendukung satu sama lain. Saya pribadi sudah anggap mereka adalah keluarga. Semoga kesan ini dapat memberikan manfaat bagi kami semua,” harapnya sembari mengucapkan terima kasih telah berbagi moment indah bersama.   


Sementara, Muhammad Faisal dari Waspada.id mewakili rekan-rekan media mengapresiasi program ‘Gocamang’ bisa terlaksana dengan sukses. Sekaligus mengucapkan terima kasih atas perhatian Tourism Malaysia Medan memfasilitasi kegiatan positif tersebut.

“Saya pribadi tak pernah memikirkan konsep ‘Gocamang’ ini. Idenya unik dan segar sehingga mampu menciptakan moment kekeluargaan yang kuat satu sama lainnya. Kami berharap, kegiatan positif seperti ini dapat dilanjutkan kembali dan hendaknya dapat diikuti seluruh rekan-rekan media yang bertugas di TM Medan,” tutur pria yang akrab disapa Ucok tersebut.

Usai mengelilingi rute gowes dan beristirahat sejenak, seluruh rombongan dijamu dengan sarapan lontong dan nasi gurih ala Malaysia yang siap dihidang isteri dari Hishamuddin Musatafa, Noor Aizah Bt Subaha yang menunggu rombongan di rumah.

Dalam kesempatan tersebut, selain bercerita tentang pengalaman juga muncul ide untuk membuat program gowes lanjutan. Namun kali ini, program gowes yang masih direncanakan adalah menyukseskan program gowes antar Konsulat Jeneral antara negara. ( swisma