BI - Dewan Riset dan Inovasi Sumut Tandatangani Kerjasama 2nd Sumatranomics 2021 -->

Advertisement

BI - Dewan Riset dan Inovasi Sumut Tandatangani Kerjasama 2nd Sumatranomics 2021

Selasa, 08 Juni 2021

GLOBALMEDAN.COM. MEDAN  - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBl) dan Dewan Riset dan Inovasi ((DRIn) Sumatera Utara  tandatangani perjanjian kerjasama 2nd Sumatranomics 2021, Selasa (8/6/2021).

Penandatanganan perjanjian kerjasama itu dihadiri Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumat, Drs Herianto Butar-Butar MSi dan perwakilan Bappeda  Sumut, Rahmad Ziady.

Kepala BI Sumut, Soekowardojo menyampaikan melalui 2nd Sumatranomics 2021 diharapkan hasil penelitian dapat menjadi input bagi BI sebagai advisory Pemprovsu sehingga proses pengambilan kebijakan di tingkat daerah dapat dilandasi pada bukti yang konkrit serta berdasarkan riset.

“Semoga dari penyelenggaraan 2nd Sumatranomics 2021 ini dapat menjadi semangat bagi kita untuk berkarya, mendorong pemulihan ekonomi lebih cepat, mengakselerasi perekonomian menuju Indonesia Maju dengan berbasis riset,” harap Soekowardojo.

Kegiatan ini merupakan kompetisi kedua yang diselenggarakan setelah sukses pada 2020 lalu. Pada tahun ini bertemakan Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Sumatera Melalui Implementasi Program Vaksinasi dan Penguatan Sektor Prioritas Pemulihan. 

 Sumatranomics merupakan kompetisi penulisan karya ilmiah (Call for Paper) yang diselenggarakan KPwBl Sumut bekerjasama dengan DRIn Sumut. 

Pelaksanaan 2nd Sumatranomics 2021 difasilitasi dengan tersedianya website yang dapat diakses pada tautan www.sumatranomics.com yang akan menjadi media penunjang kegiatan yang berisi secara detail ajang  tersebut . 

Selain itu, pendaftaran dan pengumpulan karya peserta nantinya akan diakomodir melalui website tersebut. Hal ini ditujukan untuk memudahkan para peserta nantinya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Sehingga dokumentasi dapat berjalan dengan baik.
 
Ketua DRIn Sumut, Prof Dr Ir Darma Bakti menyebutkan kegiatan 2nd Sumatranomics 2021 ini sangat membantu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terkait perkembangan ekonomi dan isu strategis yang terjadi saat ini di wilayah Sumatera. 

Selain itu bertujuan memberikan rekomendasi dalam mendorong akselerasi pemulihan ekonomi di Sumut serta solusi kreatif untuk mengatasi berbagai kendala yang ada di Sumatera. 

Pada 2nd Sumatranomics memperebutan hadiah puluah juta rupiah Untuk kategori general paper juara pertama mendapatkan Rp 15.000.000, kedua Rp 12.500.000 dan ketiga Rp 10.000.000 serta masing-masing trophy dan sertifikat serta 7 paper terpilih masing-masing Rp3.000.000 dan sertifikat.

 Pada kategori Regional Economic Modelling Paper juara pertama Rp 20.000.000, kedua Rp 17.500.000 dan ketiga Rp 15.000.000 berikut trophy dan sertifikat serta 2 paper terpilih masing-masing Rp 3.000.000 dan sertifikat.

Selain itu untuk kontraprestasi lainnya paper terpilih berpeluang untuk diterbitkan pada jurnal terindeks Scopus 2. Seluruh peserta yang menjadi finalis dan mempresentasikan paper akan mendapatkan sertifikat ”presenter” dan seminar kit 3 serta pemberian sertifikat bagi seluruh peserta yang menyampaikan full paper.(swisma)