Hari Pertama, Situs PPDB Disdik Sumut Sempat Alami Gangguan -->

Advertisement

Hari Pertama, Situs PPDB Disdik Sumut Sempat Alami Gangguan

Selasa, 08 Juni 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2021/2022 di dinas Pendidikan Sumatera Utara (Disdik Sumut) secara online dibuka mulai 7-9 Juni 2021. Namun di hari pertama pembukaan, situs Disdik Sumut sempat mengalami gangguan.
 
Permasalahan tersebut mendapat perhatian Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Abyadi Siregar dan mendatangi kantor Dinas Pendidikan Sumut di Jalan Cik Ditiro Medan, Selasa (8/6/2021). 

Abyadi mengaku pihaknya banyak mendapat keluhan dari orangtua siswa terkait adanya masalah sistem pada aplikasi pendaftaran PPDB yang diduga mengalami error .

Menurutnya, panitia PPDB Disdik Sumut tidak mempersiapkan aplikasi secara matang sehingga terjadi gangguan hingga beberapa kali. Gangguan itu selain terjadinya kegagalan saat melakukan pendaftaran juga hasil registrasi yang keluar justru berbeda dari pilihan siswa.

Kasus itu seperti terjadi pada peserta asal Sibolga, Tapanuli Tengah yang memilih sekolah di kawasan dekat kediamannya. Namun hasil registrasi yang keluar tertera SMA di Pantai Labu.

Keluhan lain yang dialami calon siswa adalah tidak bisa melakukan pendaftaran karena di situs disebutkan anda telah terdaftar, padahal samasekali belum memasukkan data ataupun pilihannya.

Menyikapi permasalahan yang terjadi pada pendaftaraan PPDB itu, Abyadi berharap agar Dinas Pendidikan Sumut memperpanjang masa pendaftaran calon siswa baru dan segera melakukan perbaikan baik di server maupun aplikasi sehingga tidak terjadi kesalahan lagi.

Terkendali

Sementara itu Sekretaris PPDB Sumut Dr Suhendri saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Selasa (8/6/2021) malam menyebutkan saat ini situs PPDB Disdik Sumut sudah terkendali dan proses pendaftaran berjalan lancar.

“Memang pada pendaftaran PPDB hari pertama terjadi gangguan. Namun di hari kedua sudah teratasi dan proses pendaftaran sudah sempurna,” katanya.

Disebutkannya hingga pukul 20.30 pendaftar yang sudah berhasil dengan sempurna adalah 6400 calon peserta didik. Bahkan server dan bandwidth PPDB juga aman sampai saat ini.

Menurut Suhendri, dari situs Disdik Sumut diketahui ada 16 ribuan calon peserta yang mencoba hendak melakukan proses registrasi.

“Kita berharap proses pendaftaraan berlangsung lancar dan tanpa mengalami gangguan lagi hingga berakhirnya masa pendaftaran. Namun kita belum bisa menambah masa pendaftaran terkait gangguan pada pendafataran hari pertama. Itu perlu pembahasan bersama,” ungkapnya.  (swisma)