Koperasi UMKM Syariah Sumut Adakan Rapat Anggota Tahunan Pertama -->

Advertisement

Koperasi UMKM Syariah Sumut Adakan Rapat Anggota Tahunan Pertama

Senin, 21 Juni 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Keberadaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi covid-19 yang masih mewabah seperti sekarang ini, merupakan salah satu faktor penting sebagai penggerak ekonomi Indonesia.

Namun dengan kondisi saat ini, para pemilik UMKM masih harus terus berjuang agar dapat bertahan demi melangsungkan dan meningkatkan produk-produk bisnis penjualan mereka.

Sebagai solusi pengembangan dan keberkahan, di tahun ke 2 pada 2021, untuk pertama kalinya koperasi melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) di Kantor Koperasi UMKM Syariah Sumut di Kompleks Metropolis J. City Johor, Minggu (20/6/2021) lalu.

Rapat ini menghasilkan berbagai keputusan strategis. Salah satunya agenda pembentukan kepengurusan baru untuk masa bakti 2021 - 2026.

Terpilih sebagai Ketua Umum (UMKM Amanah Negeri & JNE Medan Management Consulting,
Fikri Alhaq Fachryana. Wakil Ketua 1 dan 2  Muhammad Kurnia Sitorus (UMKM General Supplier) dan Sibawahi (UMKM Distributor Makanan Minuman Khas), Sekjend Slamet Riyadi (UMKM Jahe Merah Asyifa) dan bendahara Sufiyani (UMKM General Supplier).

RAT ini dihadiri Dinas Koperasi dan UMKM Sumut yang diwakili Dr. M Ridho Haykal Amal SH Ssos MH MSi (Kabid Pengawasan dan Pembinaan) Drs Unggul Sitanggang, M.Si (Kabid Kelembagaan).

Fikri Alhaq Fachryana selaku ketua umum terpilih mengatakan, dalam perjalanannya sebagai embrio Koperasi UMKM berbasis syariah pertama di Sumut, koperasi telah memiliki puluhan anggota dengan simpanan pokok 300.000 dan simpanan wajib 20.000/bulan.

“Berbagai kegiatan telah diadakan seperti pelatihan packaging dan digital marketing. Harapan kami semoga langkah program Koperasi UMKM Syariah Sumut dapat memberikan kontribusi bagi anggota UMKM khususnya dan untuk ekonomi Sumut pada umumnya dengan bingkai syariah, ekonomi berkeadilan dan berketuhanan berlandaskan Pancasila sebagai pedoman Koperasi," katanya.

Koperasi ini semakin diperkuat dengan diangkatnya Dewan Pembina yaitu Aripay Tambunan, MM selaku pengusaha dan tokoh Sumut, Tarmidzi Hutasuhut, ST, MT selaku Konsultan, Direktur QIMS Intrasindo).

Diangkat juga Dewan Pengawas Hj Darnelida (Pengusaha),  Siti Salimah SH MH (Advokat dan Pengusaha) dan Zul Hasibuan (Pengusaha).

Tak hanya itu, Keputusan RAT strategis lainnya adalah Koperasi UMKM Syariah Sumut memiliki rencana 5  program utama. 
Pertama Usaha Bersama, dimana koperasi akan menginvestasikan uang kas (simpanan anggota) untuk investasi usaha yang akan menghasilkan sisa hasil usaha bagi anggota.

Mudharobah yaitu koperasi membuka kesempatan investor luar untuk berinvestasi di usaha para anggota (UMKM) dengan konsep bagi hasil sesuai syariah

Koperasi juga akan memberikan layanan jual kredit kepada para anggota (UMKM). Hal inu bertujuan membeli perlengkapan usaha untuk pengembangan usaha, program pinjaman tampa riba bagi anggota  dimana koperasi membuka kesempatan para donatur untuk menitipkan uangnya sebagai akad wadiah untuk memberikan pinjaman tanpa riba kepada anggota UMKM.

Selain itu dan memberikan pelatihan dan konsultasi bagi para anggota UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas manajerial dan pemasaran.

Koperasi UMKM Syariah Sumut telah dibentuk pada Desember 2019. Atas support pemerintah melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sumut legal terdaftar dan memiliki akta pada 13 Mei 2020.

Koperasi ini memiliki visi untuk menjadi wadah berkembang dan berkah bersama UMKM dengan prinsip syariah.

Prinsip syariah bukanlah hanya untuk Islam, namun prinsip ekonomi berkeadilan dan berketuhanan adalah untuk UMKM semua golongan dan agama. ( swisma)