Rektor Apresiasi Mahasiswa UISU Pemenang Hibah KBMI 2021 -->

Advertisement

Rektor Apresiasi Mahasiswa UISU Pemenang Hibah KBMI 2021

Selasa, 08 Juni 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
Rektor UISU Dr H Yanhar Jamaluddin MAP memberikan penghargaan dan apresiasi kepada mahasiswa yang berhasil memenangkan proposal dana Hibah Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia (KBMI). 

“Universitas mendukung sepenuhnya kegiatan bisnis mahasiswa yang berhasil memenangkan hibah dari Kemendikbud,” ungkap Yanhar, Selasa (8/6/2021)

 Untuk itu, Yanhar berharap agar secepatnya UISU memiliki inkubator bisnis yang mampu mengakomodir seluruh produk kegiatan wirausaha mahasiswa.

 “Kita akan pajang atau display seluruh produk mahasiswa dalam etalase yang nantinya akan dikelola inkubator bisnis,” ujarnya.

 Sebab katanya, beberapa tahun belakangan sudah ada beberapa produk mahasiswa yang telah memenangkan proposal hibah kemendikbud RI dan sangat layak untuk di display di UISU. Bahkan rektor merespon agar kegiatan resmi universitas ke depan dapat memanfaatkan produk-produk mahasiswa. 

Rektor juga berjanji akan membantu pengembangan kegiatan wirausaha mahasiswa, salah satunya dalam hal promosi branding untuk memperkenalkan usaha-usaha mahasiswa yang berhasil memenang hibah kementrian. 

Saat penyerahan dana bantuan kepada masing-masing kelompok mahasiswa di ruang serbaguna UISU Jalan SM Raja Medan pada Senin (7/6/2021) dihadiri Wakil Rektor Bidang Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori ST MT dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi SS MA serta kelompok mahasiswa serta masing-masing dosen pembimbing. 

Hadir juga mahasiswa yang berhasil memenangkan proposal hibah KBMI 2021 di antaranya Monica Silalahi dari program studi matematika. 

Monica mengajukan proposal dengan judul Garufu Kiju dari limbah jeruk sebagai cemilan sehat dan ekonomis. Sedangkan  Harits Ray dari Program Studi Ilmu Hukum dengan judul Bellu Chocolate.

Pada kesempatan yang Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi SS MA mengusulkan agar produk mahasiswa ini dapat langsung dimanfaatkan di lingkungan kampus. Salah satunya makanan cita rasa cokelat yang dikelola mahasiswa Fakultas Hukum (bellu chocolate). 
 
Sebelumnya masing-masing kelompok mahasiswa mempresentasikan proposal yang berhasil lolos dana hibah yakni Garufu Kiju dari limbah jeruk sebagai cemilan sehat dan ekonomi dan bellu chocolate. 

Monica Silalahi dalam presentasenya di hadapan rektor dan pimpinan universitas mengatakan Garufu diambil dari bahasa Nias yang berarti kerupuk dan kiju itu singkatan dari kulit jeruk. Jadi garufu kiju adalah kerupuk yang berbahan dasar kulit jeruk.

Dikatakannya alasan membuat cemilan dari kulit jeruk karena selama ini kulit jeruk tidak dimanfaatkan masyarakat. Padahal, memiliki banyak manfaat antara lain bagi kecantikan, kesehatan dan bisa menjadi makanan ringan.

 "Kami membuat ide untuk mengolah kulit jeruk menjadi camilan yang sehat dan dapat dinikmati masyarakat," ujarnya.

Dari segi kesehatan jeruk selain digemari juga memiliki khasiat bagi kesehatan dan kecantikan, yakni dapat menurunkan berat badan dan kolesterol, mencegah kanker kulit dan paru-paru serta menghancurkan batu ginjal.

Setelah paparan dari mahasiswa, rektor didampingi pimpinan universitas dan dosen pembimbing menyerahkan dana bantuan sebesar Rp.13.500.000 untuk kelompok wirausaha mahasiswa fakultas hukum dan Rp.17.500.000 untuk kelompok wirausaha mahasiswa FKIP.  (swisma)