Sediakan Kuota 2.250, Pendaftaran Mandiri Unimed Ditutup 6 Juli -->

Advertisement

Sediakan Kuota 2.250, Pendaftaran Mandiri Unimed Ditutup 6 Juli

Rabu, 16 Juni 2021

 GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
Pasca pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN SNMPTN), kini Universitas Negeri Medan (Unimed) membuka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri 2021.

“Kita menyediakan 2.250 calon mahasiswa baru untuk jalur Mandiri. Seleksi ini dilakukan PTN secara mandiri berdasarkan hasil ujian tertulis berbasis komputer (CBT) dan penilaian portofolio bagi pemilih program studi seni dan keolahragaan,” kata Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes, Rabu (16/6/2021).

Persyaratan bagi pendaftar jalur ini, kata Syamsul, antara lain siswa lulusan tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah. Sedang  lulusan 2021 telah memiliki Surat Keterangan Lulus SMA/SMK/MA. 

Surat keterangan sekurang-kurannya memuat informasi diri dan foto terbaru yang bersangkutan dengan dibubuhi cap stempel yang sah serta memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

Pendaftaran jalur Mandiri, kata rektor dilakukan secara online dan dibuka sejak 7 Juni hingga 6 Juli 2021. Tatacara secara lengkap dapat dilihat pada laman www.unimed.ac.id atau melalui laman http://sm.unimed.ac.id. Sedangkan pelaksanaan CBT/ UTBK pada 8-12 Juli 2021 dan pengumuman 17 Juli 2021.

Alur pendaftaran, peserta melakukan registrasi ke laman http://sm.unimed.ac.id dengan membuat email dan password, selanjutnya digunakan untuk login agar bisa mengisi identitas diri, data sekolah dan program studi pilihan. 

Kemudian peserta akan mendapatkan kode pembayaran dan melakukan pembayaran biaya tes di BNI. Selanjutnya login kembali untuk mencetak kartu peserta ujian Seleksi Mandiri Unimed. Lalu, peserta mengikuti ujian sesuai jadwal yang tertera di kartu ujian.

Sementara itu, untuk biaya seleksi kelompok Saintek dan Soshum sebesar Rp. 250.000 dan kelompok Campuran Rp. 350.000. Bagi peserta yang memilih prodi seni dan keolahragaan dikenakan biaya tambahan ujian keterampilan sebesar Rp. 50.000 per-Prodi.

“Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui bank BNI di seluruh Indonesia. Bagi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun,” tegasnya.

Kelompok ujian pada UTBK dibagi menjadi 3, yakni pertama kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Pada kelompok ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Sedangkan kelompok ujian Campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS, TKA Saintek, dan TKA Soshum.

“Daya tampung jalur Mandiri sekira 2.250 mahasiswa baru atau 30 % dari 7.500 kuota keseluruhan mahasiswa baru Unimed,” kata Syamsul Gultom.

Dijelaskannya, bagi siswa SMA/SMK/MA sederajat, juga bisa mendaftar seleksi Mandiri Unimed melalui Beasiswa KIP-K, dengan PIN dan KAP Seleksi Mandiri yang diperoleh dari laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Pedoman lengkapnya bisa dibaca di laman http://www.unimed.ac.id.

Bagi yang memiliki prestasi, dapat menggunakan prestasinya sebagai nilai tambah melalui jalur Mandiri. Baik prestasi akademik dan non-akademik, yaitu Prestasi Olahraga, Seni, MTQ/MKQ/Hafiz Quran tingkat provinsi, nasional dan internasional.

Informasi resmi jalur Mandiri dapat diakses melalui laman http://www.unimed.ac.id dan sm.unimed.ac.id. Alamat Panita Seleksi jalur Mandiri: Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate Kotak Pos 1589 Medan 20221 Sumatera Utara. E-mail : humas@unimed.ac.id. (swisma)