Mahasiswa UISU Duta NUDC Tingkat Nasional 2021 -->

Advertisement

Mahasiswa UISU Duta NUDC Tingkat Nasional 2021

Sabtu, 03 Juli 2021

Dua mahasiswa UISU saat mengikuti pelatihan dan seleksi yang dilaksanakan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UISU di Auditorium kampus UISU Jalan SM.Raja Medan

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Dua mahasiswa UISU Prodi Sastra Inggris Cindy Karina Sunardi dan Asri Audrylia Lufti berhasil lolos dalam kompetisi University Debating Championship  (NUDC)  2021 tingkat nasional yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud-ristek)

Kedua mahasiswa UISU itu bersama beberapa mahasiswa perguruan tinggi lainnya dari LLDikti 1 akan berlaga dengan mahasiswa lainnya se Indonesia berdasarkan Surat Kemendikbud, Riset dan Teknologi Nomor : 1074/J3/KM.01.02/2021 perihal Pengumuman National University Debating Championship tertanggal 26 Juni 2021.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP melalui Wakil Rektor UISU Bidang Kemahasiswaa, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST. MT mengucapkan selamat kepada mahasiswa UISU yang berhasil lolos menuju ditingkat nasional.

Pihaknya bersyukur di masa pandemi seperti ini tidak membuat mahasiswa menjadi vakum dan tetap mampu menorehkan prestasi untuk bertanding dengan peserta dari perguruan tinggi lain se-Indonesia.

“Kita akan selalu mendukung dan support seluruh kegiatan dan kreativitas mahasiswa,” katanya didampingi Kabag Kemahasiswaan dan alumni Saut Halomoan Lubis, ST, Sabtu (3/7/2021).

Menjelang kompetisi tahap nasional pada Agustus ini, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan bepesan agar benar-benar berlatih dan mempersiapakn diri.

“Saudara adalah duta dan perwakilan UISU serta membawa nama institusi dalam ajang debat nasional nanti. Persiapakn diri dan mental sebaik-baiknya untuk bertanding dan memberikan yang terbaik,” ucapnya.

Sementara itu, dalam surat yang ditandatangani Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud ristek Asep Sukmayadi disebutkan bahwa Pusat Prestasi Nasional,
Kemendikbud-ristek RI telah melaksanakan seleksi tingkat wilayah National NUDC 2021.

Berdasarkan hasil seleksi dari tim juri NUDC yang dilaksanakan dari 21 sampai 25 Juni 2021, maka Pusat Prestasi Nasional dan dewan juri  memutuskan peserta NUDC 2021 yang lolos ke tingkat Nasional, termasuk 2 mahasiswa UISU.

Sedangkan untuk pelaksanaan NUDC Nasional akan dilaksanakan pada 24 sampai 30 Agustus 2021 dan uji coba sistem akan dilaksanakan pada 21 sampai 23 Juli 2021.

Pada kesempatan yang sama, Saut Halomoan ST menjelaskan Pusat Prestasi Nasional telah melaksanakan seleksi tingkat wilayah NUDC 2021 menghasilkan 112 peserta terbaik se-Indonesia, LLDKTI Wilyah I Universitas Islam Sumatera Utara menempati urutan ke-4 Nasional.

Proses seleksi yang dilaksanakan dilakukan secara daring. Dengan menggunakan format debat parlemen.

NUDC menuntut mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik.

Masing-masing mahasiswa mendengar mosi pada kanal youtube Pusat Prestasi Nasional kemudian ditanggapi mahasiswa selama 6 sampai 7 menit.

Proses tahap nasional mahasiswa diwajibkan untuk konfirmasi pada tautan nudckdmi.kemdikbud.go.id.

Cindy Karina Sunardi Ketika diminta tanggapannya mengatakan prestasi ini tidak lepas dari proses latihan rutin yang tekun dijalani tim peserta.

Proses latihan intensif setiap hari sudah dilaksanakan selama dua bulan.

Adapun seleksinya meliputi kedalaman materi, gaya berbicara, dan strategi untuk memenangkan debat.

Asri Audrylia Lufti menjelaskan saat ini timnya tengah mempersiapkan diri dengan melakukan latihan bersama secara intensif untuk  mengikuti NUDC 2021 bersaing dengan mahasiswa  dari universitas lain di seluruh Indonesia. ( swisma)