Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Sembelih Hewan Kurban dengan Prokes Ketat -->

Advertisement

Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Sembelih Hewan Kurban dengan Prokes Ketat

Kamis, 22 Juli 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
 Keluarga besar Yayasan Pendidikan Dharmawangsa meliputi Universitas Dharmawangsa (Undhar) dan SMA Swasta Dharmawangsa menyembelih 12 hewan kurban dengan menerapkan protokol kesehatan ( prokes) di Kampus II (seberang kampus utama) Jalan Yos Sudarso Medan.

Penerapan prokes itu dilakukan Yayasan Pendidikan Dharmawangsa karena mengikuti aturan dalam Surat Edaran Wali Kota Medan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat dalam suasana pandemi Covid-19.

Untuk mempercepat proses penyembelihan dan pendistribusian daging kurban, panitia mengerahkan 48 orang petugas. Hal itu juga agar masyarakat penerima kurban tidak berlama-lama menunggu dan mengakibatkan kerumunan.

"Panitia mendistribusikan daging kurban sesuai arahan pemerintah dengan menerapkan prokes. Petugas dan panitia juga menerapkan 5 M dan lokasi penyembelihan hewan juga sudah disterilisasi guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19," tutur

Ketua Panitia Kurban Mhd Fauzi Lubis, Kamis (22/7/2021)

Fauzi yang juga Kepala Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam Undhar mengatakan, demi patuhi peraturan PPKM Darurat, sholat Idul Adha ditiadakan di lingkungan kampus itu.


"Walau panitia sudah dibentuk, sholat Idul Adha tahun ini ditiadakan untuk mematuhi Surat Edaran Wali Kota tersebut," ujarnya didampingi Sekretaris Yayasan Dra Farida Hanum Nasution MAP.

Fauzi menyebutkan, jumlah hewan kurban yang disembelih 12 ekor lembu berasal dari keluarga besar yayasan, rektorat, dosen dan karyawan.

"Walaupun PPKM darurat, namun syiar agama tetap ditegakkan dengan melaksanakan perintah berkurban. Semoga amal ibadah yang baik ini diterima Allah SWT dan kita doakan agar wabah virus Corona segera berakhir," harapnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawangsa Medan H Muzakir Salam SE menuturkan, pelaksanaan kurban setiap tahunnya rutin dilaksanakan yayasan dan rektorat.

Yayasan juga mendukung PPKM darurat agar penularan Covid-19 bisa menurun.  

Ia mengatakan, tahun ini hewan kurban yang telah disembelih dibagikan kepada warga di lingkungan sekitar kampus terutama bagi masyarakat terdampak Covid-19.

Sedangkan Rektor Undhar Dr H Zamakhsyari Lc MA memberikan apresiasi kepada panitia kurban yang sudah melaksanakan kurban di kampus.

"Hari Raya Idul Adha merupakan momentum penting bagi umat Islam. Banyak hikmah yang dapat diambil dari prosesi kurban ini di antaranya dapat meningkatkan ketakwaan diri kepada Allah SWT, dan berbagi kebaikan kepada sesama," katanya.

Ia berharap pendistribusian daging kurban ini dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

"Diharapkan  hewan kurban tersebut dapat membantu banyak masyarakat yang kekurangan, apalagi di situasi pandemi sekarang ini," katanya.

Rektor juga menjelaskan, Idul Adha atau Hari Raya Kurban harus disambut bahagia dan suka cita oleh seluruh umat muslim, tak terkecuali bagi keluarga besar Universitas Dharmawangsa juga turut melaksanakan Ibadah kurban yang rutin dilaksanakan setiap tahun di bulan Dzulhijah. (tanai)