BI dan Pemprovsu Umumkan Pemenang NSI-BPC 2021 -->

Advertisement

BI dan Pemprovsu Umumkan Pemenang NSI-BPC 2021

Sabtu, 28 Agustus 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara melalui forum North Sumatra Invest (NSI) mengumumkan pemenang North Sumatra Invest Business Profile Challenge (NSI-BPC) 2021.

Pengumuman pemenang NSI-BPC 2021 dipimpin langsung  Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumatera Utara Soekowardojo bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kamis (26/8/2021) secara virtual.

Kabupaten Labuhanbatu keluar sebagai juara pertama North Sumatra Invest Business Profile Challenge (NSI-BPC) 2021, disusul Kota Medan juara kedua, Kota Binjai juara ketiga, Kota Pematangsiantar juara keempat dan Kabupaten Karo juara kelima.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Sumatera Utara dalam penguatan sektor investasi melalui penggalian dan penyusunan dokumen studi pendahuluan proyek investasi daerah.

NSI-BPC tahun ini merupakan kali kedua yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara dengan turut menggandeng pemerintah Provinsi melalui BAPPEDA Sumatera Utara dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Sumatera Utara.

Pengumuman NSI-BPC 2021 telah melewati serangkaian acara yang dimulai dari kegiatan Kick-Off pada 4 Mei 2021, Capacity Building tanggal 19-21 Mei 2021, Coaching Clinic oleh dewan juri pada tanggal 16 Juli 2021, tahap seleksi lima besar dan presentasi tanggal 13 Agustus 2021, hingga hari pengumuman penetapan peringkat juara satu sampai dengan juara lima. 

Pengumuman tersebut dilaksanakan secara virtual yang turut dihadiri oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumut, Soekowardojo dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Sumatera Utara, Arief Sudarto Trinugroho.

Pada kesempatan tersebut Arief Sudarto Trinugroho menyampaikan apresiasinya kepada lima besar Kabupaten/Kota terpilih, yakni Kota Binjai, Kabupaten Karo, Kabupaten Labuhanbatu, Kota Medan dan Kota Pematangsiantar.

Menurutnya, kelima kabupaten/kota tersebut patut berbangga karena telah masuk ke dalam lima besar kabupaten/kota dengan dokumen studi pendahuluan proyek investasi terbaik.

Ia mengharapkan nantinya dapat menjadi role model bagi kabupaten/kota lainnya dalam mempersiapkan proyek investasi yang siap ditawarkan, sehingga kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara dapat berpartisipasi aktif kembali dan menjadi pemenang di kegiatan selanjutnya.

 Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Soekowardojo dalam sambutannya dan apresiasinya menyampaikan ucapan selamat atas kerja keras dan kolaborasi yang telah terbangun 

selama ini dengan pemerintah kabupaten/kota di Sumatera Utara.   

"Diharapkan melalui kegiatan NSI-BPC 2021 dapat mendorong keseriusan Provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan 

realisasi investasi daerah yang mana sektor investasi merupakan salah satu urgent indicator dalam menggerakkan perekonomian di Sumatera Utara," kata Soekowardojo.

Dikatakannya,  sumber daya yang melimpah, kemudahan akses bahan baku, dan struktur demografis yang didominasi oleh usia produktif, maka sektor investasi di Sumatera Utara dapat terus dikembangkan guna mencapai pemulihan ekonomi yang optimal. (swisma)