Dinkes Kota Medan Pastikan Obat COVID-19 Relatif Aman di Pasar -->

Advertisement

Dinkes Kota Medan Pastikan Obat COVID-19 Relatif Aman di Pasar

Minggu, 29 Agustus 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Dinas Kesehatan Kota Medan, Sumatera Utara, memastikan stok obat-obatan COVID19 relatif aman dengan persediaan mencukupi di pasaran wilayah setempat.

"Secara umum obat penanganan COVID-19 masih aman, meski ada beberapa jenis obat sulit dijumpai di apotek," terang Plt Kepala Dinkes Kota Medan, Mardohar Tambunan, di Medan, Kamis (26/8).

Hingga kini stok multivitamin ada 1,27 juta  tablet yang tersedia di instalasi farmasi Dinas Kesehatan, puskesmas dan apotek.

Lalu Azitromisin 31.124 tablet di puskesmas dan apotek, serta Favifiravir 60.740 tablet di instalasi farmasi Dinas Kesehatan, puskesmas dan apotek.

Terakhir Oseltamivir sebanyak 15.897 tablet yang tersedia di puskesmas dan apotek. "Stok obat-obatan COVID-19 di Kota Medan masuk kategori aman dan tersedia," jelas dia.

Ia juga menyarankan bagi masyarakat yang ingin melihat ketersediaan obat berdasarkan data apotek dengan persediaan bisa membuka laman https://farmaplus.kemkes.go.id.

"Setelah dibuka laman itu, kita pilih dahulu provinsi tempat tinggal. Misalnya Provinsi Sumatera Utara, setelah itu pilih Kota Medan, maka tampil nama apotek dan stok obat COVID-19," tutur Mardohar. (swisma)