Gali Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui FESyar Regional Sumatera 2021  -->

Advertisement

Gali Potensi Ekonomi dan Keuangan Syariah melalui FESyar Regional Sumatera 2021 

Rabu, 11 Agustus 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

FESyar Regional Sumatera 2021 digelar  secara virtual pada 10 – 15 Agustus 2021. Ajang itu diselenggarakan dalam upaya memeroleh pengetahuan dan informasi mengenai potensi ekonomi dan keuangan syariah dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi, khususnya di Regional Sumatera.

"Kegiatan ini bertema mengakselerasi pemulihan ekonomi Sumatera melalui pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Soekowardojo pada webinar 1 FESyar Regional Sumatera 2021, Selasa (10/8/2021).

Webinar itu dihadiri Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI M Anwar Bashori diwakili Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI Prijono, Kepala Perwakilan BI Provinsi Riau Decymus, kepala Perwakilan BI di seluruh Indonesia serta pimpinan Satuan Kerja BI di Kantor Pusat, kepala Otoritas Jasa Keuangan.

Hadir juga pimpinan Perbankan dan Perbankan Syariah di Regional Sumatera, para kyai pimpinan dan pengurus pesantren di Regional Sumatera, akademisi dari universitas di regional Sumatera.

Soekowardojo meyebutkan, tampil sebagai narasumber pada kegiatan itu dari Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang sharing pengetahuan mengenai peran KNEKS dalam mengakselerasi pemulihan ekonomi dari sisi ekonomi dan keuangan syariah. 

Narasumber dari Aroma Prima Group berbagi pengalaman mengenai penerapan aspek syariah dalam kegiatan usaha, strategi keberlangsungan usaha di tengah pandemi, dan strategi pengelolaan manajemen keuangan dan SDM dalam mendukung kesuksesan usaha.

Sementara itu narasumber dari FEBI UINSU berbagi ilmu mengenai potensi, peran serta, dan tantangan pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada KPw BI Provinsi Riau, selaku Host FESyar Regional Sumatera 2021 yang telah menginisiasi FESyar Regional Sumatera 2021 diselenggarakan secara virtual pada 10 – 15 Agustus 2021," ujarnya.

Dituturkannya, sebagaimana penyelenggaraan FESyar tahun sebelumnya, FESyar Regional Sumatera 2021 kali ini juga mengagendakan dua kegiatan utama, yaitu Sharia Forum dan Sharia Fair. 

Pada kegiatan Sharia Fair akan dilaksanakan showcasing produk UMKM dan pesantren secara virtual dan berbagai perlombaan. Sementara itu pada kegiatan Sharia Forum akan dilaksanakan berbagai kegiatan webinar dan talkshow yang tersebar pelaksanaannya secara virtual di seluruh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Regional Sumatera. (swisma)