RS Dilarang Ngutip Biaya Pasien Pasien COVID-19 -->

Advertisement

RS Dilarang Ngutip Biaya Pasien Pasien COVID-19

Selasa, 17 Agustus 2021

 GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
 Wali Kota Medan Bobby Nasution berbicara soal rumah sakit (RS) yang berani melakukan pungutan liar (pungli) terhadap pasien COVID-19 di Medan. Bobby mengancam bakal menegur hingga menutup RS tersebut jika terbukti melakukan pungli.

"Kalau ada RS minta-minta biaya, akan kita tegur nanti. Kita tegur, kita lihat dia sudah mengikuti peraturan nggak. Kalau nggak ikut peraturan di tengah bencana nonalam, jangan ambil-ambil kesempatan, ini sudah jelas biayanya itu ditanggung oleh pemerintah, sudah ada jelas aturannya," kata Bobby Nasution kepada wartawan, Kamis (5/8/2021).

Bobby menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak menggubris jika ada yang meminta biaya. Dia meminta agar melaporkannya ke Pemko Medan.

"Saya sampaikan ke masyarakat, kalau ada RS yang meminta-minta biaya untuk penanganan kasus COVID, jangan mau. Laporkan ke kami, terkhusus kalau kasusnya berat, ini sudah ditanggung langsung oleh Kemenkes, dan yang tidak ditanggung pun, seperti OTG (orang tanpa gejala), sudah kami tanggung kalau itu masuk ke isoter. Itu gratis semuanya," ucap Bobby.

Bobby menegaskan, jika ada rumah sakit nantinya meminta uang, dia bakal memberikan teguran hingga sanksi terberat ditutup.

"Kalau nanti RS masih ada yang minta-minta uang, kita lakukan peneguran. Kalau perlu masih seperti itu, kita tutup saja itu, nggak bagus seperti itu, malah menyulitkan masyarakat," ujar Bobby. (swisma)