Salurkan Bakat Digital Milenial, 39 Ribu Peserta Ikuti IDCamp 2021 -->

Advertisement

Salurkan Bakat Digital Milenial, 39 Ribu Peserta Ikuti IDCamp 2021

Jumat, 20 Agustus 2021

SVP–Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang pada media update IDCamp 2021 secara virtual

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Indosat Ooredoo Digital Camp (IDCamp) 2021 kembali memberikan puluhan ribu beasiswa belajar coding secara daring untuk melahirkan talenta digital baru Indonesia yang siap bersaing di dunia digital.

"Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, Indosat Ooredoo berkomitmen memberdayakan generasi muda menyalurkan bakat digital melalui program IDCamp 2021 menyusul kesuksesan di 2019 dan 2020," kata SVP–Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang pada media update IDCamp 2021 secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Disebutkan Steve, sampai saat ini lebih 39 ribu peserta telah mendaftar dan jumlahnya diperkirakan masih akan terus bertambah.

Diakui Steve, Indonesia membutuhkan setidaknya 600 ribu talenta digital per tahunnya. Jadi IDCamp 2021 sebagai salah satu program CSR bidang edukasi siap memberikan beasiswa belajar coding secara gratis dengan bersertifikasi global.

Dari 39 ribu peserta yang mendaftar mengikuti program penerima beasiswa IDCamp 2021 itu, 28 persen di antaranya mengikuti alur belajar Front-End Web Developer.

 IDCamp pertama kali diluncurkan pada 2019 bekerja sama dengan Dicoding, Authorized Training Partner Google di Indonesia dengan menawarkan tiga alur belajar dan berhasil menarik minat 26.714 peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

"Ternyata animo masyarakat mengikuti program IDCamp cukup tinggi. Terbukti pada tahun berikutnya di 2020, terjadi peningkatan partisipasi hingga 42 persen dengan total 37.996 peserta di empat alur belajar," ungkap Steve.

Untuk IDCamp 2021 ini, tambah Steve membuka tiga alur tambahan, sehingga ada total tujuh alur belajar, yaitu Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, Machine Learning Developer, Back-End Developer, Multi Apps Platform, dan Snap AR Creator.


Sejak pertama kali IDCamp
diselenggarakan telah memberikan beasiswa kepada 103.821 talenta digital muda, termasuk 22.517 perempuan dan 1.512 penyandang disabilitas.

Dari total penerima beasiswa rata-rata, 22,2 persen peserta merupakan perempuan dan 1,5 persen penyandang disabilitas.

Menurut Steve, peserta IDCamp didominasi lulusan SMA dan perguruan tinggi, baik yang sedang belajar, bekerja, maupun sedang mencari pekerjaan.

Steve menyebutkan, saat ini jangkauan IDCamp 2021 makin luas. Terbukti dari Jawa sebanyak 73,6 persen, Sumatera 15 persen, Kalimantan 4,2 persen, Sulawesi 3,8 persen, Bali dan Nusa Tenggara 3 persen, Maluku dan Papua 0,4 persen, sehingga total peserta dari
Luar Jawa sebanyak 26,4 persen. Sedangkan dari luar negeri (WNI yang tinggal di luar negeri 0.1 persen.

"Dari jumlah itu sebagian besar pesertanya dari anak muda berusia antara 18-25 tahun. Data ini menunjukkan generasi muda menyadari pentingnya menguasai keterampilan digital untuk memperluas peluang kerja mereka di masa depan," ucap Steve.

Dijelaskan Steve setelah menyelesaikan program, para peserta akan dibekali dengan keterampilan, sertifikasi dan mendapatkan akses pekerjaan dibantu Indosat Ooredoo dan Dicoding.

Bahkan nantinya mereka yang lulus dari IDCamp bisa mendapatkan sertifikat dan eligible dapat bekerja di startup terkemuka Tanah Air atau bahkan perusahaan teknologi global.
( swisma)