Antonius Tumanggor Serahkan BPJS Gratis kepada Warga saat Sosialisasi Perda -->

Advertisement

Antonius Tumanggor Serahkan BPJS Gratis kepada Warga saat Sosialisasi Perda

Selasa, 21 September 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN - Anggota DPRD Kota Medan Antonius Devolis Tumanggor, S.Sos mengadakan Sosialisasi Perundang-Undangan IX Perda No. 4 Tahun 2012 Tentang Sistem Kesehatan Kota Medan, Senin (20/9/2021) di Jalan Karya Masjid Ujung, Kelurahan  Sei Agul, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. 

"Pertemuan ini waktunya tidak lama-lama karena prokes, tidak ada lagi dialog. Hari ini PPKM level 4 yang terakhir, jadi pertemuannya harus cepat. Terimakasih kepada masyarakat yang sudah hadir, karena kegiatan sosialisasi ini membahas tentang sistem kesehatan Kota Medan, Perda No.4 tahun 2012," kata anggota dewan yang memiliki moto "saya ada untuk anda" ini.

Dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), Antonius, politisi dari Fraksi Partai Nasdem DPRD kota Medan ini tak henti-hentinya bersosialisasi dengan masyarakat. 


Pelaksanaan Sosper ke-IX ini dihadiri Camat diwakili Sekretaris Camat Prananda, Mewakili Lurah Sei Agul, H Tobing, perwakilan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Medan, Anita Aruan, masyarakat dan awak media. 

Perlu diketahui, lanjut Antonius, pada tahun 2020 lalu masyarakat yang ada di Dapil I ini sudah menyerahkan 712 Kartu Keluarga (KK), dalam rangka untuk pengurusan BPJS khusus PBI. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 2021 ini sebanyak 213 BPJS untuk masyarakat pun selesai. 

"Untuk masyarakat yang BPJS nya belum selesai, harap bersabar karena ini bergelombang. Kemarin diserahkan sebanyak 100 dan sekarang 213 dengan total yang sudah diselesaikan sebanyak 312. Artinya apa, BPJS Kesehatan ini sangat penting. Jadi, jika ada yang belum dapat karena adanya tunggakan hutang di BPJS sebelumnya, mohon maaf, itu tidak bisa ditarget oleh pemerintah atau tidak bisa di cover," jelasnya.

Pada kesempatan ini, Pelaksana sekretaris harian Kecamatan Medan Barat, Fernanda menambahkan, hari ini terakhir penentuan status level 4. Diharapkan kondisi Kota Medan berada di level terendah agar kita dapat beraktivitas seperti biasa.

"Ini tujuannya untuk kita semua, agar kesehatan kita tetap terjaga. Anak-anak kita bisa sekolah. Mudah-mudahan pengumuman dari pak Presiden nanti malam, level di Kota Medan turun," sebutnya.


Di hadapan masyarakat, Fernanda memberitahukan kepada masyarakat, bahwa saat ini di beberapa puskesmas yang ada di Kecamatan Medan Barat sedang diadakan vaksinasi gratis untuk mensukseskan program pemerintah. 

"Masyarakat yang belum mendapatkan vaksin segera pergi ke puskesmas, daftarkan diri. Jika sudah mendaftar, diharapkan untuk menunggu panggilan. Warga yang dapat di vaksin itu usia diatas 18 tahun dan harus yang sudah memiliki KTP. Jika terkendala saat mendapatkan vaksin, jika ada penyakit yang tidak sembuh seperti darah tinggi atau hipertensi, ditunggu sampai tensinya normal. Segera datang untuk mendapatkan vaksin, jangan sampai nanti vaksin habis, baru warga pada datang. Mari kita dukung program vaksinasi ini," ungkap Fernanda selaku perwakilan dari Kecamatan Medan Barat ini. 

Senada dengan Antonius dan Fernanda, Anita Anua perwakilan dari Dinkes Kota Medan ini menyebutkan, kondisi seperti saat ini sangat penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan dan perlu dukungan dari masyarakat. "Kalau pemerintah saja yang bergerak mungkin tidak tidak akan tercapai apa yang kita inginkan. Tapi kalau kita sama-sama bergerak akan cepat selesai. Salah satunya dengan ikut melaksanakan vaksinasi. Usia diatas 18 tahun ini lebih diutamakan mendapatkan vaksin karena banyak aktivitas yang dilakukan diluar rumah.

Saat akan mendaftar vaksin, lanjutnya, Anita menghimbau masyarakat agar memberikan nomor telpon yang aktif dan foto copy KTP. "Hal itu bertujuan agar saat sertifikat vaksin dibuat, sesuai dengan saya masyarakat yang sudah di vaksin. Di Kecamatan Medan Barat ini dan seluruh Kota Medan covid-19 sudah turun level. Terimakasih atas apresiasi semua masyarakat. Kami pun sebenarnya sudah lelah memakai masker karena tidak nyaman. Tapi, kita harus tetap terapkan prokes," tutupnya. 

Di akhir kegiatan sosper, Antonius bagikan BPJS Kesehatan gratis dari pemerintah kepada masyarakat yang ada di Daerah Pemilihan (Dapil) I yang meliputi Kecamatan Medan Barat, Medan Helvetia, Medan Petisah dan Medan Baru. (Rel)