Implementasikan MBKM, UISU Gandeng Bank Sumut -->

Advertisement

Implementasikan MBKM, UISU Gandeng Bank Sumut

Kamis, 23 September 2021





Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP ( kanan) dan Direktur Pemasaran Bank Sumut Hadi Sucipto ( kiri) memperlihatkan naskah MoU yang telah ditandatangani di Ruang Serbaguna Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kembali menggandeng dunia perbankan dalam mengimplementasikan kurikulum KKNI berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU sekaligus MoA di ruang Serbaguna Kampus UISU Jalan SM Raja Medan, Kamis (23/9).

Hadir dalam kegiatan itu Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP bersama seluruh Wakil Rektor UISU serta Dekan Fakultas Pertanian UISU Dr. Ir. Murni Sari Rahayu MP beserta seluruh unsur pimpinan fakultas dan Prodi.

Sementara itu dari Bank Sumut hadir Hadi Sucipto selaku Direktur Pemasaran, Budi Anshari Pemimpin Divisi Dana dan Jasa, Hakim Sitompul selaku Pemimpin Unit Usaha Syariah, Rahmat Hidayat selaku Pemimpin Cabang Syariah Medan.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP dalam sambutannya sebelum penandatanganan MoU dan MoA mengatakan UISU saat ini sedang melaksanakan program pengembangan institusi. Khususnya terkait dengan implementasi kurikulum KKNNi berbasis MBKM seperti yang telah dicanangkan pemerintah.

Salah satunya adalah memberikan fasilitas dan mensuport mahasiswa untuk belajar di luar prodi asal dan melakukan training di sektor industri sesuai dengan keahliannya masing-masing.

Menurut Rektor UISU penandatanganan MoU antara UISU dan Bank Sumut sekaligus penandatanganan MoA dengan Fakultas Pertanian dalam rangka memfasilitasi dan mensukseskan MBKM untuk memefasilitasi kegiatan magang maupun training yang akan dilakukan mahasiswa.

Rektor bahkan berharap, agar kerjasama atau MoA yang dilakukan tidak sebatas dengan Fakultas Pertanian saja, melainkan dengan fakultas lain di lingkungan UISU salah satunya dengan Fakultas Ekonomi yang konsern terhadap persoalan ekonomi dan perbankan.

Selain pengembangan institusi, Rektor mengatakan bahwa UISU juga konser terhadap pengembangan kewirausahaan mahasiswa.

Pasalnya, mahasiswa UISU dalam beberapa event berhasil memenangkan program kewirausahaan yang dilaksanakan kementrian Ristek Dikti dan mendapat bantuan pendanaan.

Namun, perlu difikirkan keberlanjutan program kewirausahaan yang telah mendapat apresiasi pemerintah itu.

Untuk itu, Rektor berharap, dunia perbankan khususnya Bank Sumut dapat membantu pengempangan dan tindaklanjut program kewirausahaan yang telah digagas mahasiswa.
Rektor bersama pimpinan universitas, fakultas dan rombongan Bank Sumut foto bersama usai penandatanganan MoU dan MoA

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Direktur Pemasaran Bank Sumut, Hadi Sucipto dalam sambutannya mengatakan Bank Sumut kini tengah giat-giatnya untuk melakukan kerjasama dengan berbagai institusi, khususnya institusi pendidikan.

Hadi yang juga alumni UISU itu berharap, penandatanganan MoU dan MoA yang dilakukan dapat secepatnya ditindaklanjuti.

Acara yang berlangsung di ruang Serbaguna UISU itu dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Rektor UISU dengan Direktur Pemasaran Bank Sumut.

Sedangkan penandatanganan MoA dilakukan antara Dekan Fakultas Pertanian UISU dengan Pemimpin Cabang Syariah Medan. Pertemuan itu dirangkai dengan penyerahan cinderamata sekaligus foto bersama. (swisma)