Jasa Marga Optimis Capai Target Kinerja 2021 -->

Advertisement

Jasa Marga Optimis Capai Target Kinerja 2021

Kamis, 09 September 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

PT Jasa Marga (Persero) Tbk berhasil mempertahankan kinerja positif selama semester I / 2021 yang tercermin dari peningkatan pendapatan dan Ebitda Margin yang disebabkan beroperasinya jalan tol baru di tengah pandemi Covid-19. 

 “Pandemi Covid-19 turut berdampak terhadap bisnis  perseroan, namun  masih dapat mempertahankan market share di posisi 51% dengan berhasil menambah pengoperasian sepanjang 55,94 Km jalan tol sejak awal tahun hingga saat ini,” ungkap Investor Relations Department Head Jasa Marga Milka Theodora pada Public Expose Live 2021 secara virtual, Rabu (8/9/2021)

Dalam pemaparannya Milka menjelaskan, secara keseluruhan Pendapatan Usaha 2020  mengalami penurunan sebesar 12,7% dibandingkan dengan  2019, dimana hal ini tentunya  sebagai dampak utama dari pandemi COVID-19. 

Disebutkannya kinerja semester I Tahun 2021 mengalami perbaikan dimana hal ini tercermin dari Pendapatan Usaha yang naik sebesar 29,95% karena telah beroperasinya ruas-ruas jalan tol baru yang didukung meningkatnya mobilisasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan volume lalu lintas. 

“Tidak  hanya itu, Ebitda juga mengalami peningkatan sebesar 40,76% seiring dengan meningkatnya  pendapatan pol di semester I /2021. Hal ini juga menyebabkan peningkatan Ebitda Margin yang  mencapai 64,10%,” ujar Milka. 

Di tengah pandemi dan kondisi pendapatan tol yang masih dalam tahap pemulihan serta telah beroperasinya mayoritas ruas-ruas jalan tol Jasa Marga Group di 2021 ini, Milka menjelaskan  Interest Bearing Debt to Equity Ratio Perseroan tetap terjaga dalam koridor yang dipersyaratkan  para kreditur.
 
“Selain itu, kemampuan perseroan untuk membayar kewajiban bunga juga masih terjaga seperti tahun  sebelumnya dan Jasa Marga mampu menurunkan cost of debt pada Semester I 2021 ini,” tambahnya. 
Untuk target pengoperasian jalan tol baru hingga akhir 2021, Jasa Marga menargetkan jalan tol  Manado-Bitung ruas Danowudu-Bitung (26,35 Km) beroperasi di Triwulan IV. 

Sebelumnya Jasa Marga  telah berhasil mengoperasikan empat ruas jalan tol lainnya, yaitu jalan tol Bogor Ring Road Seksi 3A  Simpang Yasmin-Simpang Semplak (2,85 Km), Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (14,19 Km),  Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi I Serpong-Pamulang (6,50 Km), dan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda  Ruas Balikpapan-Samboja Seksi I (21,66 Km) dan Seksi 5 (10,74 Km).

Semua pencapaian tersebut tentunya karena Jasa Marga juga melakukan berbagai macam upaya untuk mempertahankan kinerja selama masa pandemi.

Upaya itu dilakukan seperti melakukan beberapa efisiensi terutama pada beban usaha atau beban operasional, pelaksanaan program kerja sesuai dengan skala prioritas dengan  tetap menjaga pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol hingga mengoptimalisasi aset  Perseroan salah satunya dengan melakukan asset recycling. 

Mengusung semangat inovasi dan transformasi, sepanjang semester I / 2021 ini Jasa Marga juga  meningkatkan pelayanan untuk kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol dengan meluncurkan  inovasi berbasis teknologi, yaitu Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC).

JMTC itu merupakan pusat kendali lalu lintas jalan tol pertama dan terlengkap di Indonesia yang berbasis Intelligent Transportation System serta peluncuran aplikasi Travoy 3.0 yang dirancang sebagai assisten perjalanan digital untuk membantu pengguna jalan tol berkendara di jalan tol dengan fitur seperti  informasi tarif tol, panic shake hingga laporan pengguna jalan. 

Di tengah pandemi dan pemberlakuan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat, Jasa Marga juga konsisten untuk tetap meningkatkan kinerja operasional yang berkolaborasi dengan stakeholder lainnya. 

Untuk mencegah penyebaran penularan penyebaran COVID-19, Jasa Marga melakukan berbagai  upaya untuk menjalankan proses bisnis yang produktif dan aman baik di lingkungan kerja, operasional  jalan tol maupun rest area.

Upaya yang dilakukan itu di antaranya turut melaksanakan program pengendalian transportasi dan  random check antigen di jalan tol, penerapan protokol kesehatan di Rest Area, Gerbang Tol, pelayanan kepada pengguna jalan tol, hingga pembangunan proyek jalan tol yang masih berjalan.

Jasa Marga juga berkomitmen untuk membantu meringankan dampak pandemi Covid-19 yang dirasakan masyarakat. Stimulus ekonomi diberikan perseroan kepada mitra binaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berupa penggunaan jasa produksi UMKM dan Mitra Binaan untuk berbagai  kebutuhan sesuai bidang usahanya. (swisma)