KKI 2021, BI Dorong UMKM Bangkit -->

Advertisement

KKI 2021, BI Dorong UMKM Bangkit

Jumat, 24 September 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Bank Indonesia  ( BI) komit mendorong UMKM untuk terus optimis dan dapat bangkit pada masa pandemi Covid-19 ini. Komitmen tersebut diwujudkan dengan diselenggarakannya Puncak Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021, sebagai one stop virtual event yang berkualitas, terstruktur dan terintegrasi. 

KKI juga didesain sebagai media penguatan business network dalam kerangka penguatan potensi daerah.

“BI tidak pernah lelah menghadirkan produk UMKM berkualitas yang dapat diakses dari mana saja, kapan saja, melalui website KKI. Ini tentunya,

didukung sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan andal," kata Gubernur BI, Perry Warjiyo dalam Pembukaan Puncak Karya Kreatif Indonesia 2021 digelar secara livestreaming, Kamis (23/09/2021).

Perry Warjiyo menyampaikan puncak KKI 2021 diikuti 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. 

Pameran juga berlangsung secara virtual yang dapat diakses melalui www.karyakreatifindonesia.co.id dari 23-26 September 2021.

“BI terus berkomitmen untuk memajukan UMKM nasional guna menjadi daya dukung ekonomi Indonesia. Komitmen tersebut diwujudkan melalui peran aktif seluruh Kantor Perwakilan, baik di daerah maupun di luar negeri," kata Perry Warjiyo.

Ia mengungkapkan, dukungan terhadap UMKM dilakukan melalui klasterisasi dan peningkatan kapasitas baik produksi, keuangan hingga pemasaran nasional dan global, serta melalui digitalisasi UMKM.

BI juga terus mengakselerasi integrasi ekonomi dan keuangan digital melalui infrastruktur sistem pembayaran guna mendorong UMKM berdaya saing, antara lain dengan pemanfaatan Quick Response Indonesia Standard (QRIS), sebagai sarana pembayaran baik oleh pelaku UMKM maupun penyedia jasa pariwisata.

Disebutkannya, hingga pertengahan September 2021 tercatat sebanyak 10,4 juta merchant yang menggunakan QRIS. (swisma)