Koperasi UMKM Syariah Sumut Gandeng IZI untuk Pengelolaan ZIS -->

Advertisement

Koperasi UMKM Syariah Sumut Gandeng IZI untuk Pengelolaan ZIS

Selasa, 14 September 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

Koperasi UMKM Syariah Sumut melakukan memorandum of Understanding (MoU )dengan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sumut di kantor koperasi tersebut Jalan Karya Wisata kecamatan Medan Johor Komplek J-City Metropolis  Medan.

Ketua Umum Koperasi UMKM Syariah Sumut, Fikri Alhaq Fachryana mengatakan, kerjasama ini dilatarbelakangi sebagai wujud pemberdayaan UMKM yang berbasis Syariah.

"Kerjasama ini sebagai bentuk kepedulian Koperasi UMKM Syariah Sumut kepada para UMKM yang sedang mengalami kesulitan dalam segi keuangan atau finansial," kata Fikri, Senin (13/9/2021).

Disebutkannya saat ini UMKM  sedang terkena musibah, terjerat hutang, atau mengalami kebangkrutan sekalipun. Karena itu Koperasi UMKM Syariah Sumut akan membantu dan mensupport dalam bentuk bantuan uang yang akan diserahkan kepada UMKM dalam bentuk Pinjaman Tanpa Riba (salah satu layanan Koperasi UMKM Syariah Sumut).

Dengan itu masyarakat dan para donatur dapat menyalurkan zakat dan sedekah melalui rekening bersama Koperasi UMKM Syariah Sumut dan IZI.

Menurut Fikri, hal itu sebagaimana visi Koperasi UMKM Syariah Sumut yaitu “menjadi wadah anggota UMKM dalam meningkatkan kemampuan keuangan (khususnya) dan segala aspek manajemen bisnis (umumnya) sesuai Syariah”

UMKM yang merupakan kelompok bisnis, katanya memiliki peran dan potensi besar dan menjadi andalan ekonomi masyarakat dan Negara.

Kebutuhan utama UMKM adalah pembiayaan dan manajemen, namun dalam hal ini permasalahan yang paling banyak ditemui adalah belum adanya pembiayaan yang benar-benar syariah untuk UMKM.

Hal ini menyebabkan masih banyak UMKM yang terjebak dengan pembiyaan riba seperti KUR dan kredit-kredit mikro.

Hadirnya Koperasi UMKM Syariah Sumut mebuka wadah baru bagi para pelaku UMKM untuk keluar dari permasalahan-permasalahan yang ada.

Dikatakannya, permasalahan yang terjadi seolah telah dianggap lumrah bagi para pelaku usaha atau UMKM namun tanpa disadari akan sangat berdampak buruk untuk perkembangan dan pertumbuhan perekonomian UMKM dimasa yang akan datang.

Banyak UMKM yang belum memiliki standar kopetensi pengetahuan syariah dalam segala aspek manajemen baik dari segi SDM (sumber daya manusia), pemasaran, produksi, bahkan sekalipun keuangan, inilah menjadi awal dasar banyaknya kehancuran (kebangkrutan) yang dialami para UMKM.

"Kami terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan para UMKM di berbagai aspek manajemen menjadi modal utama sebagaimana tujuan Koperasi UMKM Syariah Sumut yang salah satunya adalah membentuk kerjasama dengan IZI yang nantinya akan berfokus pada pengelolaan infak, zakat, dan sedekah,” ucap Fikri.

Menanggapi kolaborasi positif ini, M.Iqbal Farizi selaku Kepala Perwakilan Inisiatif Zakat Indonesia Sumut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Koperasi UMKM Syariah Sumut karena sudah mempercayai IZI sebagai mitra dalam pengembangan Koperasi UMKM Syariah Sumut.

“Dengan adanya hubungan kerjasama ini nantinya akan sangat berdampak positif untuk perkembangan dan kemajuan UMKM salah satunya dalam bentuk keuangan atau finansial," katanya.

Selain itu dengan kerjasama ini diharapkan mampu menjawab segala keresahan UMKM dalam melakukan kegiatan ekonomi tanpa ada rasa khawatir dan was-was.

Apalagi telah dibekali dengan edukasi-edukasi yang menyebutkan ekonomi syariah dilarang menggunakan cara-cara yang tidak benar, jauh dari sifat maysir, gharar, haram dan riba. ( swisma)