Walikota Fokuskan Warga Medan Isolasi di Kapal Isoter -->

Advertisement

Walikota Fokuskan Warga Medan Isolasi di Kapal Isoter

Rabu, 08 September 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN

 Walikota Medan Bobby Nasution mengatakan pihaknya akan memfokuskan untuk mengajak masyarakat Medan melakukan isolasi di Kapal Isolasi terpusat Terapung di Terminal Bandar Deli, Belawan.

"Kami sudah bekerja sama dengan Forkopimda untuk benar-benar memfokuskan masyarakat untuk melakukan isolasi terpusat di KM Bukit Raya dengan fasilitas yang akan terus kami perbaiki,” kata Walikota Medan Bobby Nasution pada kunjungan Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir, Sabtu (21/8/2021).

Bobby menyebut kapasitas kapal Isoter ini sebenarnya dapat menampung lebih dari 900 orang. Namun, karena standar protokol kesehatan kapal isoter ini hanya bisa menampung 462 pasien.

Sementara itu, kapal isoter ini diperuntukkan bagi lima wilayah Medan bagian utara. Walikota Bobby menjelaskan kapal isoter ini diperuntukan kepada penderita Covid-19 tanpa gejala.

"Ini juga tetap mengikuti apa yang diarahkan oleh Kepala BNPB kategori yang diperbolehkan masuk ke isoter itu. Yang pertama misalnya yang terpapar di rumahnya ada keluarga atau masyarakat rentan ada lansia, ada ibu hamil. Ini yang kita utamakan sekali untuk kita bawa ke isoter dan saturasinya masih di atas ataupun sama dengan 95 dan tidak punya gejala yang sangat membahayakan atau gejala ringan atau OTG," sebut Bobby.

Ia pun berharap kapal isoter ini bisa menampung warga yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah.

"Saya berharap ini dapat menampung masyarakat Kota Medan yang masih melakukan isolasi mandiri di rumah, karena memang jumlahnya masih cukup banyak. Ke depannya kita akan membuka isoter di tingkat kecamatan," pungkas Bobby Nasution. (swisma)