3.126 Mahasiswa Berkompetisi di PIMNAS ke-34 di USU -->

Advertisement

3.126 Mahasiswa Berkompetisi di PIMNAS ke-34 di USU

Selasa, 26 Oktober 2021



GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung di 735 tim dari 108 perguruan tinggi se Indonesia siap berkompetisi dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 Universitas Sumatera Utara (USU) yang digelar secara hybrid, 27-28 Oktober 2021.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si mengatakan, ajang PIMNAS merupakan suatu ajang perlombaan untuk menemukan mahasiswa-mahasiswa berprestasi dengan inovasi-inovasi ilmiah.

Disebutkannya PIMNAS ini merupakan salah satu agenda dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di bawah lembaga yang namanya Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

"Pada tahun ini, kami sudah menggelar 18 perlombaan mulai dari tingkat sekolah dasar sampai mahasiswa. PIMNAS ini salah satu yang terbesar,” ujar Asep dalam konfrensi pers PIMNAS Ke-34 USU didampingi Rektor USU Dr Muryanto Amin dan Wakil Rektor I yang juga Ketua Umum PIMNAS USU Dr Edy Ikhsan, MA, Selasa (26/10/2021).

Asep menjelaskan meski di tengah pandemi, program perlombaan ini tetap dijalakan dengan mekanisme hybrid.

“Kami mengapresiasi penuh pihak USU yang menjadi tuan rumah dengan berupaya semaksimal mungkin melaksanakan acara PIMNAS dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar sampai nanti penutupan,” ujarnya.

Dia menegaskan, pihaknya saat ini telah merancang skema database dan pemetaan dari para peserta PIMNAS untuk kemudian mereka yang berhasil menjadi juara karyanya akan diakurasi dan ditindaklanjuti untuk proses hilirisasi.

Dalam pemetaan yang dilakukan, Asep menjelaskan, pihaknya telah membagi ajang perlombaan dalam empat kluster. Kluster pertama adalah sains dan teknologi, kluster kedua seni dan budaya, kluster ketiga vokasi dan manajemen serta kluster keempat kluster olahraga.

“Dengan pemetaan kluster-kluster ini kita bisa melihat dari 3.126 mahasiswa yang bertanding ini kuatnya di mana, apa keunggulannya dan apa yang harus dilakukan untuk mendukung hasil riset mereka. Ini yang sedang kami bangun dan coba lakukan, karenanya kami terus berkolaborasi dengan perguruan tinggi, BRIN dan sekolah,” tegasnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin menjelaskan, USU telah berupaya semaksimal mungkin untuk menggelar pelaksanaan PIMNAS Ke-34. Mulai dari fasilitas, kemampuan dan kapasitas internet, daya listrik, promosi dan akomodasi.

Rektor beharap semua fasilitas yang disediakan USU mampu menunjang perlombaan mahasiswa dengan sebaik-baiknya dengan asas sportivitas.

“Kepada awak media juga diberikan ruang khusus untuk memantau jalannya lomba dan proses penjurian sehingga apabila terjadi kecurangan bisa langsung terekam dan diproses,” ujarnya.

Mury berharap ajang PIMNAS ke-34 di USU mampu melahirkan talenta-talenta muda berprestasi dengan karya-karya yang mampu menjawab persoalan di tengah masyarakat.

Ketua Umum PIMNAS Ke-34 USU, Dr Edy Ikhsan, MA menambahkan, kegiatan PIMNAS pada tahun ini memperlombakan sembilan kategori.

Yakni  PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, PKM-Karsa Cipta, PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains dan PKM-Riset Sosial.

Edy mengatakan peserta perlombaan hadir melalui dalam jaringan (daring) yang fasilitasnya terpusat di dua tempat dengan 35 kelas. 18 di Fakultas Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, sementara 17 kelas ada di Fakultas Kedokteran Gigi.

“Juri nasional yang sudah hadir secara luar jaringan dan sudah berada di Medan yakni 98 orang. Sementara 9 orang lainnya hadir secara dalam jaringan. Pembiayaan PIMNAS tahun ini adalah kolaborasi antara USU dengan Puspresnas dengan mekanisme pembiayaan 60 - 40 persen,” katanya.

Konfrensi pers tersebut dipandu Kepala Humas Protokoler dan Promosi Amalia Meutia Psikolog MPsi. ( swisma)