735 Tim Siap Berkompetisi di PIMNAS ke-34 USU -->

Advertisement

735 Tim Siap Berkompetisi di PIMNAS ke-34 USU

Kamis, 28 Oktober 2021




GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 di Universitas Sumatera Utara (USU) secara resmi dibuka, Selasa (26/10/2021) di Halaman Biro Rektor USU, Kampus Padangbulan, Medan.

Diisi dengan ragam tarian 8 etnis khas Provinsi Sumatera Utara oleh para mahasiswa, di atas panggung megah, warna-warni sorot lampu, para VVIP, pimpinan universitas dan tamu undangan menekan tombol tanda dibukanya PIMNAS 34 USU.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim dalam sambutannya secara virtual mengucapkan selamat bertanding kepada 735 tim dari 108 perguruan tinggi yang menjadi finalis dalam PIMNAS Ke-34 di USU.

“Saya tunggu gagasan-gagasan riset dan inovasinya. Karena menyambut momen Sumpah Pemuda, ini adalah waktu yang tepat bagi para mahasiswa untuk saling berkolaborasi membangun negeri,” ujarnya.

Nadiem juga mengingatkan kepada mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia untuk ikut program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Sebab program MBKM akan mendorong kreativitas dan inovasi sehingga membentuk karakter dan potensi diri.

“Jadilah mahasiswa-mahasiswa yang merdeka. Gunakan kesempatan emas (Program MBKM) yang baik ini untuk menggali potensi diri untuk kemudian berkontribusi bagi negeri,” katanya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Ir Nizam MSc PhD, IPU, Asean Eng yang hadir di lokasi acara mengatakan, PIMNAS pada 2021 merupakan PIMNAS kedua yang digelar secara hybrid.

Ia menjelaskan, membentuk Indonesia Emas dan kemajuan ekonomi, Indonesia membutuhkan sumber daya yang unggul. “Ekonomi kita ke depan akan ditopang dengan kreativitas dan inovasi,” katanya.

Indonesia, kata Prof Nizam, memiliki DNA yang spesifik dalam bidang kreativitas, karenanya di Indonesia banyak keanekaragaman seni dan budaya. Keragaman musik, keragama pakaian adat, keragaman syair menandakan bahwa kreativitas orang Indonesia sangat tinggi.

“Ajang PIMNAS ini juga menjadi pembuktian bahwa mahasiswa-mahasiswa kita merupakan bibit-bibit unggul yang akan mampu merealisasikan Indonesia Emas sebagaimana dicita-citakan,” katanya.

Prof Nizam menegaskan, bahwa mahasiswa yang berkompetisi di PIMNAS USU merupakan para finalis yang sejatinya sudah juara karena telah melewati rangkaian proses seleksi yang berjenjang. “Karenanya para mahasiswa harus mempertahankan kreativitas dan inovasi karena itu adalah kunci menuju Indonesia Emas,” ujarnya.

Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam sambutannya mengucapkan selamat berkompetisi kepada 735 tim mahasiswa yang berasal dari 108 perguruan tinggi se Indonesia. “Kompetisi ini merupakan ajang untuk memperjuangkan ide dan gagasan, dan yang terpenting adalah sebagai wujud komitmen kita dalam membangun bangsa dan negara,” ujarnya.

Rektor mengatakan, tema PIMNAS Ke-34 di USU sengaja mengangkat tema Menuju Indonesia Emas Melalui Kolaborasi untuk Inovasi dalam Bingkai Kearifan Lokal  sebab kearifan lokal menjadi kekayaan bangsa yang harus dikembangkan hingga bisa bercita rasa internasional.

“PIMNAS ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi tenaga pendidik, para dosen atau kepala sekretaris program studi tentang ide dan gagasan mengenai riset dan inovasi di berbagai bidang, khususnya dalam rangka mengimplementasikan program MBKM,” katanya.

Rektor juga berharap PIMNAS mampu menggugah dan menyalakan api semangat para mahasiswa untuk lebih aktif dalam berkreativitas, pengembangan ilmu, riset dan inovasi yang hasilnya bisa digunakan untuk membangun bangsa dan negara.

Ketua Umum PIMNAS Ke-34 USU yang juga Wakil Rektor I Dr Edy Ikhsan, SH, MA melaporkan sebanyak 3.126 mahasiswa yang tergabung dalam 735 tim dari 108 perguruan tinggi se Indonesia bertanding di PIMNAS Ke-34 USU dan digelar secara hybrid (daring dan luring).

Kegiatan PIMNAS pada 2021 ini memperlombakan sembilan kategori.  “Yakni  PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif, PKM-Gagasan Tertulis, PKM-Kewirausahaan, PKM-Karsa Cipta, PKM-Karya Inovatif, PKM-Penerapan Iptek, PKM-Pengabdian Masyarakat, PKM-Riset Sains dan PKM-Riset Sosial,” ujarnya.

Dr Edy mengatakan, peserta perlombaan hadir melalui dalam jaringan (daring) yang fasilitasnya terpusat di dua tempat dengan 35 kelas. 18 di Fakultas Sistem Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, sementara 17 kelas ada di Fakultas Kedokteran Gigi.

“Juri nasional yang diketuai Prof Dr Nuni Gofar, MS  sudah hadir di Medan 98 orang sementara 9 orang lainnya hadir secara virtual,” tegasnya.

Rangkaian PIMNAS di USU dilaksanakan mulai tanggal 25 Oktober sampai 30 Oktober 2021. Yang diawali dengan Malam Temu Ramah pada 25 Oktober 2021 di Istana Maimun, menyusul kemudian Opening Ceremony pada 26 Oktober 2021, proses perlombaan, penjurian dan pameran poster 27-28 Oktober 2021.

Lalu pada 29 Oktober 2021 dilaksanakan kuliah umum oleh salah satu menteri Kabinet Indonesia Maju dan dilanjutkan pada malam harinya closing ceremony. Pada 30 Oktober 2021, para juri dan delegasi dari kementerian kembali ke rumahnya masing-masing.

Pada acara opening ceremony itu juga diisi dengan penyerahan piala bergilir PIMNAS dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang merupakan juara umum ke-33 kepada Ketua Panitia PIMNAS Ke-34 USU untuk diperebutkan kembali dan parade peserta PIMNAS yang diwakili dengan pakaian adat serta tarian para mahasiswa USU.

Turut hadir dalam rangkaian opening ceremony, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si, Wakil Ketua I DPRD Sumatera Utara, Harun Mustafa Nasution, Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, SE, Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Sumut, Kombes Pol Heru Budi Prasetyo, S.I.K, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pangdam I/BB, Kolonel Eric Christian Simanjuntak, S.H, para rektor PTN/PTS, Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, Hendra A. Ginting dan Wakil Rektor II, III, IV dan V sertaSekretaris Universitas Sumatera Utara. ( swisma)