Batayon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan Laksanakan Vaksinasi Covid-19 di Langkat -->

Advertisement

Batayon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan Laksanakan Vaksinasi Covid-19 di Langkat

Senin, 04 Oktober 2021



GLOBALMEDAN, LANGKAT - Mewujudkan tercapainya target program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah, Batayon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, menjemput warga untuk melakukan vaksinasi, Sabtu (2/10/2021).

Kegiatan vaksinasi massal di lapangan bola Markas Batalyon Infanteri 8 Marinir ini diperuntukkan bagi warga yang tinggal hingga pulau terpencil di Kabupaten Langkat. 

Acara ini dalam rangka mewujudkan tercapainya target program vaksinasi Covid-19 yang dicanangkan pemerintah, HUT TNI ke 76 dan HUT RSUP H. Adam Malik serta HUT Diskes TNI AL.

Untuk menghindarkan terjadinya kerumunan, Batalyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan selaku penyelenggara membagi waktu kedatangan warga di dua lokasi tersebut dengan menjemput warga, khususnya warga yang berada didaerah pesisir Kabupeten Langkat.

Kegiatan serbuan vaksinasi ini juga dihadiri langsung Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal l) Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono yang datang dan meninjau langsung jalannya vaksinasi.

Danlatamal 1 Belawan, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono, sangat mengapresiasi dengan sistem yang diberlakukan Batalyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan dibawah pimpinan Lektkol Mar. Farick guna menghindarkan terjadinya kerumunan, sehingga proses tetap terjaga.

Bukan hanya itu, selain kegiatan serbuan vaksinasi juga dirangkai dengan beberapa kegiatan bakti sosial, seperti khitanan massal, donor darah dan pengobatan gratis. Bekerja sama dengan RSUP Adam Malik Medan dan pemkab Langkat. "Kita sangat mengapresiasi sistem yang diberlakukan oleh Danyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan yang menjemput bola guna mengatur pembagian waktu, agar tidak terjadi penumpukan di lokasi acara, sebab acara ini dilaksanakan sebagai rangkaian HUT TNI pada 5 Oktober mendatang," ujar Danlantamal 1 Belawan.

Sementara itu Danyon Infanteri 8 Marinir Tangkahan Lagan, Letkol Mar Farick mengatakan rangkaian kegiatan ini merupakan kegiatan dalam rangka HUT TNI pada 5 Oktober mendatang yang bekerja sama dengan RSUP Adam Malik Medan.

"Sistem yang diberlakukan dengan cara menjemput bola ini dibuat guna menghindarkan kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 sekarang ini," ujar Farick. Lebih lanjut dijelaskan Farick, ada dua lokasi penyuntikan vaksin di lapangan bola Yonif 8 Mar dengan 1.100 dosis vaksin dan Sekolah Dharma Patra Pangkalan Susu Kabupaten Langkat dengan 700 dosis vaksin, dengan total keseluruhannya 1.800 dosis vaksin.

Kemudian, jumlah yang disunat sebanyak 200 orang dan donor darah sebanyak 300 orang yang diikuti instansi FKPD Kabupaten Langkat beserta masyarakat yang sudah didata. Sedangkan pengarahan kanker payudara, Covid dan kesehatan mental kepada Ibu Jalasenastri dan masyarakat warga binaan yang sudah ditunjuk dari kecamatan diikuti sebanyak 30 orang. "Kita juga mengelar pengobatan gratis Medical Chek Up (Mata, THT, Tensi, Jantung) dan menebar bibit ikan nila sebanyak 5.000 ekor," pungkas Farick.

Selanjutnya malam ini, sambung Farick, acara ramah tamah dengan pihak RSUP H. Adam Malik dalam rangka malam akrab. Hari Minggu (3/10/2021) jam 07.30 WIB melaksanakan olah raga bersama dengan pihak tenaga medis RSUP H. Adam Malik yakni senam aerobik, jalan sehat, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja dan volly.
(rel)