Dukung Pemulihan Ekonomi, Indosat Ooredoo Hadirkan Kampung Digital di Kota Surakarta -->

Advertisement

Dukung Pemulihan Ekonomi, Indosat Ooredoo Hadirkan Kampung Digital di Kota Surakarta

Sabtu, 09 Oktober 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Indosat Ooredoo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia, melanjutkan dukungannya untuk mendukung transformasi digital Kota Surakarta sebagai kelanjutan dari peluncuran layanan 5G.

Sebuah kerja sama berkelanjutan untuk pemulihan ekonomi Kota Surakarta ini dinamakan Program Kampung Digital yang menghubungkan masyarakat dengan Pemerintahan Kota Surakarta melalui saluran informasi yang terpercaya, diterima secara langsung dan bersamaan, serta mendukung komunikasi dua arah.

Dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Sabtu (9/10/2021) disebutkan Indosat Ooredoo mewujudkan Kampung Digital melalui instalasi ratusan perangkat layar pintar termasuk high speed modem dan paket data selama satu tahun, di posko RT serta balai desa.

Sumber informasi menggunakan Sistem Informasi Pintar (SI Pintar) yang tersentralisasi di mana pengelolaan dan pengawasannya dilakukan oleh pemerintah Kota Surakarta.

Sistem informasi digital tersebut terintegrasi ke banyak aspek bidang kebutuhan masyarakat kota seperti sosial, ekonomi, seni budaya, informasi dan kebijakan pemerintahan kota beserta jajaran dinasnya.

Peresmian Program Kampung Digital bersamaan dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama untuk Pemulihan Ekonomi dilakukan Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dengan Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka di Balai Tawang Arum, Kantor Walikota Surakarta.

Acara dilakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat sebagai upaya menekan angka penyebaran COVID19.

“Kami sangat senang dapat mendukung transformasi digital Kota Solo, sebagai kelanjutan dari peluncuran layanan 5G sebelumnya. Kami percaya dengan kerjasama berkelanjutan ini akan berdampak pada pemulihan ekonomi kota ini," ujar Vikram Sinha.

Disebutkannya hal itu tidak akan terwujud tanpa dukungan dan komitmen Wali Kota yang selalu berupaya meningkatkan potensi masyarakat dengan pemanfaatan teknologi digital.

Pada peresmian kampung digital itu menandai sejarah penting kerjasama Indosat Ooredoo dengan Pemerintah Kota Surakarta sebagai langkah maju menuju masyarakat digital.

"Kami berharap dengan beberapa inisiatif ini akan mempercepat pemulihan ekonomi yang juga memaksimalkan potensi masyarakat dan pemerintahan Surakarta,” ujar Vikram Sinha.

Implementasi SI Pintar akan menggunakan skema sentraliasi informasi yang berasal dari pusat informasi pintar Kominfo Pemerintah Kota.

Konten informasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan baik dalam format video, gambar, tulisan, maupun situs, akan ditransmisi melalui sistem berbasis cloud.

Informasi tersebut akan diterima secara bersamaan pada layar TV pintar di titik kumpul warga dan performanya dapat dipantau sebagai upaya evaluasi dan analisa melalui pusat informasi pintar berbasis tekhnologi cloud.

Seluruh skema penyampaian konten informasi tersebut didukung penuh oleh koneksi internet Indosat Ooredoo.

Program Kampung Digital merupakan lanjutan dukungan Indosat Ooredoo untuk pemulihan ekonomi bagi Kota Surakarta yang sebelumnya telah menghadirkan teknologi 5G, festival seni dan budaya, pemberdayaan UMKM lewat Rasa Solo, dan dukungan percepatan program vaksinasi untuk lansia.

Selanjutnya, bersamaan dengan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama, Indosat Ooredoo akan melaksanakan dukungan berupa pendidikan talenta digital lewat program Local Content Creator Camp dan IDCamp AR Class, serta Pelatihan Transformasi Digital bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan UMKM Go Digital.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan, komitmen Indosat Ooredoo untuk Kota Solo tidak hanya sampai disini. Sebelumnya dengan peluncuran 5G.

"Kini lewat peluncuran Kampung Digital. Masih akan ada lagi program-program seperti Collabonation dan augmented reality, yang akan diakselerasi di  2022,” ujar Gibran. ( swisma)