Gerakan Sosial, KSJ Ajak Pewarta Bergabung -->

Advertisement

Gerakan Sosial, KSJ Ajak Pewarta Bergabung

Kamis, 28 Oktober 2021



GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Ketua Umum Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) Saharuddin mengajak Persatuan Wartawan (Pewarta) Polrestabes Medan untuk bergabung di KSJ.

"Kalau teman-teman pewarta memiliki visi yang sama dengan KSJ dalam gerakan berbagi Jumat dengan senang hati kami menerimanya," ucap Saharuddin di sela-sela kegiatan pengukuhan KSJ Kota Medan di Hotel Madani Medan, Rabu (27/10/2021).

Dia menyampaikan, saat ini sudah enam lembaga yang MoU dengan KSJ yakni GIAN (Gerakan Indonesia Anti Narkotika),  Palang Merah Indonesia (PMI) Sumut bersama bapak Jusuf Kalla, Karang Taruna Sumut, Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia, HNSI Sumut, MIO (Media Independen Online).

"Dalam waktu dekat kita akan MoU dengan  Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumut dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut", terangnya didampingi Ketua KSJ Tebing Tinggi Taufik, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Medan Sudari ST, Ketua LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat)  Kota Medan Hery Bolon.

Dia menjelaskan, bahwa KSJ ini adalah organisasi sosial setiap jumat kita berbagi dengan anak yatim dan piatu serta kaum duafa.

Visi besar organisasi ini, katanya mewuiudkan gerakan nasional sedekah Jumat atau Indonesia Bersedekah.

"Bayangkan kalau stakeholder mulai dari tingkat desa sampai pemerintah pusat melakukan kegiatan berbagi secara serentak 1 bulan sekali, maka banyak persoalan-persoalan sosial yang bisa terkaper", katanya.

Persoalan sosial yang nyata saat ini selama pandemi adalah anak-anak yatim dan orang-orang susah yang sedang sakit, kemudian  yang tidak bisa banyak dibantu regulasi pemerintah karena memang dengan proses yang panjang. KSJ hadir untuk mempercepat proses ini dengan bergotong royong.

Misalnya bedah rumah, lanjutnya sampai saat ini sudah 39 rumah yang di bedah di Sumatera Utara di antaranya di Langkat,  Medan,  Simalungun,  dan Batubara.

"Kalau rata-rata yamg kita assesmen proses bedah rumah itukan harus menunggu anggaran.  Kalau kita gotong royong, 4-5 hari sudah bisa kita selesaikan. Dan itu mudah kalau kita mau bersama-sama atau bergotong royong. Alhamdulillah sudah 39 rumah warga kurang mampu dibedah", cetusnya lagi sembari menambahkan sudah membentuk 25 KSJ di kabupaten/kota.

"Makanya kita bersinergi. Niat kita bagaimana  bersama TNI/Polri dan pemerintah serta semua komponen masyarakat, kalau kita sayang dengan Indonesia, ayo sama-sama dengan kemampuan kita", ajaknya.

Sementara itu Ketua Pewarta Polrestabes Medan Chairum Lubis, SH mengaku, Pewarta siap bergabung di wadah  KSJ.

"Ke depan nantinya bisa berkesinambungan, sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan kehadiran KSJ, " ucap Sekretaris Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI)  Sumut didampingi Wakil Ketua Khairunnas dan anggota Bardansyah, Abdul Meliala, dan Surya Irwandi Hasibuan. (swisma)