Jelang PTM, 1000 Pelajar Ikuti Vaksinasi Covid-19 di SMPN 12 Medan -->

Advertisement

Jelang PTM, 1000 Pelajar Ikuti Vaksinasi Covid-19 di SMPN 12 Medan

Senin, 04 Oktober 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Sebanyak 1.000 siswa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang digelar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 12 Jalan Thamrin Medan, Jumat (1/10/2021).

Dari seribu pelajar yang siap divaksin itu sebanyak 700 di antaranya merupakan siswa dari SMPN 12, sedangkan sisanya siswa SMPN 14 dan SMP Methodist 2 yang lokasi sekolahnya berdekatan dengan tempat dilaksanakan vaksinasi tersebut.

Kepala SMPN 12 Medan Nursani Pohan SPd menyebutkan, vaksinasi dosis pertama yang dimulai pukul 08.00 WIB diikuti tiga sekolah di sekitar Kawasan Jalan Thamrin Medan.

Menurut Nursani, vaksinasi Covid-19 yang diikuti 700 anak didiknya terdiri dari siswa kelas 7 hingga 9 itu dilakukan sebagai persiapan jelang Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Medan.

“Kita terus melakukan persiapan jelang PTM yang dimulai dari penerapan protokol kesehatan hingga percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh siswa. Dengan pelaksanaan vaksin ini diharapkan akan membuat tubuh siswa lebih kuat dan sebagai langkah antisipasi terhadap paparan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi, diakuinya para pelajar tampak antusias. Untuk itu Nursani mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan dewan guru yang telah menyiapkan dan melaksanakan vaksinasi dengan baik.

“Kami juga mengucapkan terima kasih atas peran para orangtua yang mendorong anaknya untuk ikut vaksinasasi ini,” kata Nursani.

Pada pelaksanaan vaksinasi dosis pertama di SMPN 12 Medan itu, tambahnya, melibatkan tenaga kesehatan dari RSU Sarah, RSU Murni Teguh, Puskesmas Medan Denai, Puskesmas Kotamatsum, dan Puskesmas Sukaramai.

Ketua panitia Dra Saiyar menyebutkan, kesiapan untuk melaksanakan PTM juga dilakukan sekolah ini dengan memvaksin seluruh tenaga pendidiknya.  Dari 49 guru di SMPN 12 Medan ini 100 persen telah mendapat vaksinasi.

Pada pelaksanaan vaksinasi ini, kata Saiyar yang juga Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMPN 12 Medan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Selain menyediakan hand sanitizer dan tempat mencuci tangan dengan sabun, pihaknya juga mengatur jadwal siswa yang akan divaksin  agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan. Masing-masing guru wali kelas bertanggungjawab terhadap siswanya.

Dijelaskannya, para siswa diarahkan guru untuk pendaftaran vaksinasi di meja pendaftaran. Selanjutnya siswa diarahkan ke meja petugas untuk dilakukan pemeriksaan suhu dan tensi dan ke petugas skrinning.

“Bagi pelajar yang lolos uji pada pemeriksaan kesehatan dilakukan penyuntikan dan selanjutnya menunggu 15 menit di area observasi. Selesai observasi, siswa diarahkan melapor ke petugas pendaftaran untuk selesai pemantauan. Berkas diserahkan ke petugas dan diinput untuk pencetakan kartu,” bebernya.

Usai proses tersebut, katanya siswa dianjurkan segera pulang agar tidak terjadi kerumunan di lokasi dan juga untuk istirahat di rumah mereka masing-masing. (swisma)