Malam Ramah Tamah PIMNAS USU Akrab dalam Balutan Adat Melayu -->

Advertisement

Malam Ramah Tamah PIMNAS USU Akrab dalam Balutan Adat Melayu

Selasa, 26 Oktober 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN 
 Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke-34 di USU diawali dengan malam ramah tamah di Istana Maimun, Senin (25/10/2021).

Para tamu dari perwakilan kementerian, perguruan tinggi dan dewan juri disuguhi aneka kesenian khas Melayu yang menjadi ciri Kota Medan.

Para tamu undangan dan pimpinan USU dengan berpakaian adat Melayu hangat menjalin silaturahmi yang disemarakkan dengan berbalas pantun oleh pembawa acara dan tari-tarian.

Mengawali sambutan dengan berpantun, Rektor USU Dr Muryanto Amin berharap para tamu yang hadir di Medan mendapatkan kenangan tersendiri.

"Malam ini kita telah menyaksikan kemilau adat Melayu yang menjadi suku asli di Medan," ujarnya.

Mury mengatakan, Medan merupakan kota hasil persilangan budaya berbagai macam etnis yang menjadikannya unggul serta unik bila dibandingkan dengan kota lainnya di Indonesia.

"Sebagai kota yang multikultural, Medan menawarkan aneka seni budaya dan kuliner, bangunan bersejarah dan masyarakat yang penuh perdamaian dan ketentraman," katanya.

Rektor juga berharap suasana keakraban dalam balutan seni budaya Melayu ini menjadi semangat sportivitas di ajang perlombaan mahasiswa nasional. "Dari ajang ini, kita berharap muncul para ilmuan muda yang aktif berinovasi membangun negeri," tegasnya.

Ketua Umum Yayasan Sultan Ma'moen Al Rasyid (YASMAR), Ir. T. Reizan Ivansyah juga turut mengucapkan selamat datang kepada tamu undangan.

"Semoga apa yang kami suguhkan memberikan kebahagiaan," katanya.

Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi, S.IP, M.Si menegaskan apa yang dilakukan USU dalam malam temu ramah ini memberikan kesan indah yang mensejahterakan.

"Terima kasih kepada Rektor USU mari kita berikan tepuk tangan yang meriah. PIMNAS USU sangat meriah meski digelar di tengah pandemi," katanya.

Asep menegaskan, kegiatan PIMNAS diharapkan menunculkan bibit-bibit unggul yang mampu melahirkan para inelektual muda berprestasi. "Dan ini bukan dilakukan di tingkat mahasiswa saja, tapi juga untuk siswa SD, SMP sampai SMA," katanya.

Plt Kepala Puspresnas menegaskan bahwa hiburan yang disuguhkan malam ini diharapkan bisa memberikan suntikan semangat dalam perlombaan. "Santai tapi serius, dan semoga perlombaan bisa berjalan sukses lancar tanpa hambatan," katanya.

Asep juga mengapresiasi kebudayaan Melayu yang kaya akan pantun, tari dan lagu. Menurutnya malam ramah tamah PIMNAS USU memberikan kesan yang bermakna yang tak mudah dilupakan.

Ketua Dewan Juri PIMNAS Ke-34 USU Prof Dr Ir Nuni Gofar, MS mengatakan, peserta PIMNAS di USU diikuti 108 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dengan 735 tim yang diseleksi dari 67 ribuan proposal.

"Tentu saya berharap para peserta besok memberikan kemampuan terbaiknya dan bisa berprestasi semaksimal mungkin. Terima kasih kepada pihak USU yang telah menyuguhkan aneka kesenian dan kebudayaan yang sangat berkesan ini," katanya.

Malam ramah tamah yang dihadiri para Wakil Rektor I hingga V serta Sekretaris Universitas Prof Fidel Ganis Siregar dan perwakilan pemerintah daerah ini diisi dengan acara tepung tawar.

Selain itu juga pemutaran sejarah singkat Istana Maimun dan menari ronggeng Melayu. ( swisma)