USU Layani Tes Swab PCR dan Vaksinasi Gratis -->

Advertisement

USU Layani Tes Swab PCR dan Vaksinasi Gratis

Rabu, 20 Oktober 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Universitas Sumatera Utara (USU) melayani pemeriksaan tes swab PCR dan vaksinasi gratis kepada masyarakat. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat di Gedung Pancasila, kampus USU, Padang Bulan Medan.

“Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang memiliki pengabdian pada masyarakat dari bagian tri dharma perguruan tinggi, layanan swab PCR dan vaksinasi itu merupakan bentuk dari pelayanan sosial yang dilakukan USU,” kata Wakil Rektor I Bidang Kemahasiswaan dan Kealumnian USU, Edy Ikhsan  Selasa, (19/10/2021).

Pelaksanaan tes swasb PSR itu juga bagian dari rangkaian Dies Natalis ke-69 USU sekaligus Dies Natalis Fakultas Kedokteran USU.  

Pada pelayanan swab PCR gratis ini, katanya USU menyediakan 200.000 sampel PCR yang akan dilaksanakan dalam seminggu. Diharapkan pelayanan sosial ini bisa membantu kemudahan masyarakat dalam pemeriksaan tes swa.

Terkait menurunnya level PPKM di Medan menjadi level II, Edy menyebutkan untuk proses Pembelajaran Tatap Muka (PTM) belum bisa dimulai pada tahun ini.

Namun kita mempersiapkan dulu pada bulan ini. Karena kita juga belum memfinalisasinya pada rapat pimpinan. Diharapkan pada November sudah bisa tapi untuk sementara yang praktikum dulu. Selanjutnya kita lihat hasilnya, apa perlu dilanjutkan dengan perkuliahan,” ungkapnya

Edy memperkirakan jika keadaan membaik kemungkinan mahasiswa dari rumpun sosial-humaniora bisa melakukan PTM secara keseluruhan pada Januari

“Kita lihat di Januari semester genap, apa bisa Soshum masuk. Bisa saja fifty-fifty dan saya pikir kita sama dengan universitas lainnya sedang mempersiapkan. Jadi kita harapkan semester depan sudah full  tatap muka,” harapnya.

Kegiatan vaksinasi dan swab PCR gratis ini dilakukan Laboraturium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran USU, yang telah melayani Swab PCR tidak berbayar bagi masyarakat Sumatera Utara dengan menyediakan 200.000 sampel PCR. 

Penanggungjawab Laboratorium PCR COVID-19 Mikrobiologi FKUSU Dr. R. Lia Kusumawati Iswara, MBiomed, SpMK(K), PhD menerangkan syarat untuk melakukan Swab PCR gratis ini yaitu memiliki kartu identitas yakni KTP. Data NIK dari KTP akan langsung diinput ke dalam akun All Record.

Dr. Lia Iswara juga menjelaskan bahwa hasil dari Swab PCR ini dapat digunakan untuk skrining dan pelaporan nasional. Nantinya hasil dari tes kali ini bisa dilihat di PeduliLindungi

Disebutkanya, hasilnya keluar 1  X 24 jam dan hasil swab sesuai dengan standar pelaporan nasional dan dikirim pada web PeduliLindungi.
 
 “Masyarakat dapat melihat hasilnya langsung melalui web Pedulilindungi. Web tersebut resmi untuk skrining baik penerbangan. Hasilnya akan kami inputkan ke dalam akun itu yang terhubung langsung dengan Disdukcapil dan juga web Pedulilindungi,” bebernya. (swisma)