1000 Warga Medan Ikuti Vaksinasi Polda -LSM Penjara Sumut -->

Advertisement

1000 Warga Medan Ikuti Vaksinasi Polda -LSM Penjara Sumut

Selasa, 16 November 2021

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Sekira 1.000 warga Medan ikuti vaksinasi yang digelar Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penjara bekerjasama dengan Polda Sumut tahap kedua yang digelar di Mega Park Jalan Kapten Muslim Medan, Senin (15/11).

Pada pelaksanaak vaksinasi itu merupakan rangkaian kegiatan vaksinasi tahap I yang digelar pada 11 Oktober 2021 dengan jumlah vaksinator 4 orang yang berasal dari tenaga kesehatan (Nakes) Biddokkes Polda Sumut.

Ketua Umum LSM Penjara Sumut Adi Warman Lubis saat meninjau vaksinasi tersebut mengatakan, kegiatan ini sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk percepatan vaksinasi Covid-19 di Indonesia untuk mencapai kekebalan tubuh atau herd immunity  masyarakat.

Selain itu, katanya juga sebagai bentuk kepadulian LSM Penjara Sumut turut mendukung kegiatan vaksinasi tersebut dalam upaya memutuskan mata rantai penularan terhadap bahaya penyakit yang bisa mematikan ini.

“Kita ingin agar masyarakat yang telah divaksin merasa aman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Diharapkan masyarakat tetap patuh dan wajib untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes),” imbaunya.

Disebutkannya dengan pemberian vaksinasi kepada masyarakat, bukan saja melindungi diri sendiri tapi juga orang-orang di sekitarnya yang belum memiliki kekebalan terhadap virus corona tersebut.

Adi Warma juga meminta agar masyarakat benar-benar menerapkan prokes dengan 5 M guna membantu pencegahan penularan Covid-19, yakni mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer.

Selain itu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, minimal 1 meter dengan orang lain kemudian menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Menurut Adi Warman, dalam hal vaksinasi tingkat kesadaran masyarakat di Sumut, khususnya di Medan sangat tinggi. Termasuk tingkat kepatuhan protokol kesehatan. Kondisi ini membuat situasi di Medan cepat berubah dari PPKM level 4 menjadi 2.

“Sekarang kasus covid-19 sudah menurun di Medan dan itu memperlihatkan distribusi vaksin berjalan lancar. Karena itu perlu kita syukuri bersama sekaligus tetap waspada dengan menerapkan prokes dengan disiplin,” katanya.

Adi Warman juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak yang telah memfasilitasi dengan menyediakan vaksin tahap pertama dan tahap kedua dalam kegiatan vaksinasi LSM Penjara Sumut yang berjalan lancar dan sukses

Sementara itu hasil pantauan di lokasi, tampak masyarakat antusias mengikuti vaksinasi. Mereka dengan setia antri menunggu giliran untuk mendapatkan suntikan vaksin yang hanya membutuhkan waktu sekira 10 menit.

Dalam area tempat pelaksanaan vaksinasi massal ini, penyelenggara juga mengatur kursi berjarak sesuai dengan protokol kesehatan. Selain itu disediakan tempat cuci tangan di depan pintu masuk.

Salah seorang warga, Niar (26) menyebutkan alasannya mendapatkan vaksinasi itu sebagai bentuk menumbuhkan rasa percaya diri agar memilki kekebalan tubuh terhadap virus corona.

“Semula saya memang takut divaksin karena ada info-info yang negative pasca divaksin. Tapi setelah saya simak lagi informasi yang resmi dari pemerintah, apalagi dikuatkan dari penjelasan teman-teman saya yang sudah divaksin dan tidak ada mengalami hal yang menakutkan, jadi tumbuh rasa percaya diri, makanya saya siap divaksin meski harus antri,” ujar Niar, warga Jalan Kapten Muslim Medan. (swisma)