1.381 Lulusan Diwisuda, Rektor Yakin SDM Unimed Unggul dan Siap jadi Pemimpin -->

Advertisement

1.381 Lulusan Diwisuda, Rektor Yakin SDM Unimed Unggul dan Siap jadi Pemimpin

Rabu, 24 November 2021





GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Universitas Negeri Medan (Unimed) mewisuda 1.381 lulusannya secara daring (dalam jaringan), Rabu (24/11/2021).

Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes berharap kepada wisudawan periode November 2021 ini langsung mengabdikan ilmunya untuk peningkatkan kemaslahatan hidup masyarakat, bangsa dan negara.

“Esensi dari orang yang berilmu itu, kehadirannya ditunggu oleh masyarakat untuk memberikan perubahan yang lebih baik. Oleh karena itu saya yakin lulusan Unimed yang diwisuda hari ini pasti mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan dunia kerja,” kata rektor dalam pidatonya.

Dengan potensi yang sudah dimiliki, kata rektor, wisudawan jangan takut bersaing, karena para wisudawan ini telah dipersiapkan melalui kurikulum KKNI (Kualifikasi Kerangka Nasional Indonesia) yang terukur dan telah menghasilkan banyak kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dunia kerja.

“Saya yakin mereka akan cepat diterima memperoleh pekerjaan sesuai keahliannya, bahkan sebagian besar lulusan kita yang diwisuda ini sudah bekerja sebelum tamat. Hasil Tracer Study Unimed, Lulusan Unimed itu rata-rata sudah memperoleh pekerjaan 3-5 bulan setelah diwisuda. Artinya lulusan Unimed sangat dinanti oleh masyarakat dan dunia kerja ” tandasnya.

Dikatakan, pimpinan Unimed saat ini sudah menetapkan terobosan baru dalam menyahuti semua kebijakan pemerintah, terutama dalam menciptakan SDM unggul pemimpin masa depan.

Unimed dalam 2 tahun terakhir telah menetapkan kebijakan baru dengan melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas mutu lulusan, kualitas dosen dan kualitas kurikulum dengan menyesuaikan tantangan industri 4.0 dan society 5.0 era disrupsi teknologi.

Untuk itu, semua mahasiswa Unimed mulai program S1 sampai S3 wajib mengikuti mata kuliah kepemimpinan, yang perioritasnya adalah mempersiapkan lulusan menjadi pemimpin di semua sektor kehidupan manusia.

"Jadi kami yakin semua lulusan Unimed, terutama yang diwisuda hari ini, mereka adalah lulusan-lulusan yang memiliki SDM unggul dan siap menjadi pemimpin masa depan di tempat pengabdiannya nanti. Yakinlah dengan kualitas dan kompetensi yang dimiliki para wisudawan, untuk memberikan kerja terbaik dan maju bersama masyarakat, bangsa dan negara ” tutur Syamsul Gultom. 

Dalam konteks itu pula, Umimed sudah bekerjasama dengan semua pemerintah daerah, berbagai dunia industri, dan perusahaan, sebagai wujud menyukseskan Program Pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dari program MBKM, lanjut Dr Syamsul, 55 mahasiswa Unimed berhasil lolos untuk magang dan studi independen bersertifikat di berbagai perusahaan besar, dunia industri dan perbankan.

Bahkan, kata rektor, setiap semester, ratusan mahasiswa Unimed kuliah satu semester di kampus terbaik di Indonesia dan beberapa kampus terbaik dunia.

“Dan untuk semester ini ada 303 mahasiswa Unimed yang sedang mengikuti kuliah diberbagai kampus terbaik di Indonesia dan Eropa,” sebut Rektor disaksikan para wisudawan secara daring.

Begitu juga program kampus mengajar dari pemerintah, mahasiswa Unimed terbanyak ke-4 nasional yang sedang mengikuti program ini, ada 802 mahasiswa yang berperan aktif dalam program kampus mengajar di berbagai pelosok tanah air.

Mahasiswa Unimed juga berhasil meraih 5 medali di PON XX di Papua sebagai kontingen Sumatera Utara, dan prestasi mahasiswa lainnya di tingkat nasional dan internasional. “Kami berharap lulusan Unimed ke depan akan terus bermutu, berdaya saing dan tetap dinanti oleh dunia kerja,” ungkapnya.

Syamsul kemudian berpesan agar wisudawan bisa menjaga nama baik almamater dimanapun nanti bekerja dan mengabdi.

“Selain itu, setelah diwisuda saatnya para lulusan untuk memberikan pengabdian dan berbakti kepada kedua orang tua, masyarakat dan bangsa. Oleh karena itu yakinkan diri anda, bahwa anda pasti bisa meraih kesuksesan hidup dan bahagia bersama kedua orang tua dan keluarga ” katanya.

Adapun 1.381 lulusan yang diwisuda terdiri dari: 64 Lulusan Program Pascasarjana, 198 Lulusan Fakultas Ilmu Pendidikan, 272 Lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, 121 Lulusan Fakultas Ilmu Sosial, 311 Lulusan Fakutas Matematika dan Ilmu Pegetahuan Alam, 123 Lulusan Fakultas Teknik 133 Lulusan Fakultas Ilmu Keolahragaan, dan 159 Lulusan Fakultas Ekonomi. (swisma)