Antisipasi Gelombang 3, Stok Obat dan Oksigen di Medan Aman -->

Advertisement

Antisipasi Gelombang 3, Stok Obat dan Oksigen di Medan Aman

Senin, 15 November 2021


GLOBALMEDAN.COM, MEDAN
Pemerintah pusat belum lama ini meminta agar masyarakat mewaspadai terhadap ancaman gelombang ketiga pandemi Covid-19. Berkaitan dengan hal itu, Pemerintah Kota (Pemko) Medan terus berupaya melakukan persiapan untuk mengantipasinya.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan, potensi gelombang ketiga penyebaran Covid-19 itu kemungkinan akan terjadi pascalibur natal dan tahun baru (Nataru).

“Salah satu langkah yang kita lakukan adalah memastikan ketersedian obat-obat dan oksigen di Medan aman termasuk sejumlah fasilitas kesehatan seperti ruang perawatan hingga pusat isolasi pasien Covid-19 dalam kondisi tersedia,” ungkap Bobby di Medan, Sabtu (13/11).

Menurutnya persiapan yang paling penting untuk mengantisipasi gelombang ketiga itu adalah pencegahan. Sedangkan oksigen, obat-obatan maupun ruangan, itu masuk ke treatment yang juga yelah dipersiapkan.

Bobby juga menyebutkan langkah lain yang dilakukan yakni meningkatkan pelacakan terhadap kontak erat pasien Covid-19. Demikian juga akselerasi vaksinasi Covid-19 terhadap warga Kota Medan merupakan cara lain untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami harus menggalakkan pelacakan tersebut. Terutama sekali dan yang paling penting menerapkan protokol kesehatan serta serbuan vaksinasi. Hal ini terus menerus kami ingatkan pada masyarakat," katanya.

Bobby berharap gelombang ketiga Covid-19 yang diprediksi pada akhir 2021 ini tidak akan terjadi khususnya di Kota Medan. Untuk itu dia tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat agar dispilin menerapkan protokol kesehatan.

“Tetapkan selalu menjaga prokes dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabu dan air mengalir, menjaga jarak dan mengurangi mobilitas,” harapnya.

Bagi Bobby kesiapannya terhadap penyebaran ancaman gelombang ketiga Covid-19 bukanlah karena sudah punya ruangan isolasi dan segala macam fasilitas dan obat-obatan menjadikan seolah-olah sudah siap untuk menampung sebanyak-banyaknya korban Covid-19.

“Kami tidak mau seperti itu terjadi dengan kesiapan menampung sebanyak-banyak korban covid-19, justeru kita berharap jangan sampai terjadi gelombang ketiga di Negara ini terutama Medan,” ucap Bobby.

Sementara itu hasil pantauan di salah satu apotik Mitha di kawasan Jalan Amaliun  Medan. Mitha selalu berupaya menyediakan beberapa obat-otan yang terkait dengan kebutuhan terhadap penyakit Covid-19.

“Kami selalu berupaya melengkapi obat-obatan yang ada kaitannya untuk kesembuhan penyakit virus yang bisa mematikan itu jika tidak ditangani dengan cepat, terutama sekali berbagai vitamin kami sediakan,” ungkap salah seorang karyawan apotik tersebut, Fitri.

Menurut Fitri, setiap calon pembeli yang hendak masuk ke ruangan diharuskan memakai masker dan mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir yang memang sudah disediakan di depan pintu masuk.

“Kebiasaan baik seperti ini jika diterapkan dengan disiplin dalam kehidupan sehari-hari diyakini sebagai salahsatu upaya mmemutuskan penyebaran terhadap penyakit Covid-19,” katanya. (swisma)