Iklan sari mutiara idul fitri

BI-TPID Siap Luncurkan Gernas PIP Sumut

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut) bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumut mengajak seluruh jajaran TPID Kabupaten/Kota untuk mendukung pelaksanaan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) di Sumut yang akan diluncurkan pada 31 Agustus 2022.

“Kegiatan tersebut sebagai upaya pengendalian inflasi komoditas pangan di Sumut yang sejalan dengan Gernas Pengendalian Inflasi Pangan Nasional,” kata Kepala KPw BI Sumut, Doddy Zulverdi pada acara High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah di Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan, Kamis (25/8/2022).

Disebutkannya, peluncuran tersebut rencananya dilaksanakan di lokasi Klaster Juli Tani, Desa Sidodadi Kabupaten Deliserdang pada 31 Agustus 2022 mendatang.

Disebutkannya kegiatan Gernas PIP Sumut antara lain adalah selebrasi Panen Raya Cabai bersama Gubernur Sumut dan Anggota Dewan Gubernur BI, Penandatangan MoU KAD, perluasan klaster pangan, gerakan gertam (urban farming), gerakan pupuk organik, penyerahan PSBI serta pemberian bantuan saprodi dan pelatihan hilirisasi kepada klaster tani.

Doddy juga menyebutkan, program kerja TPID dalam rangka mendukung Gernas PIP Sumut antara lain, operasi pasar, KPSH dan pasar murah, perluasan KAD, pencanangan optimalisasi fasilitasi distribusi pangan atau subsidi ongkos angkut, memperkuat ketahanan komoditas hortikultura dan pasokan pangan strategis lainnya.

“Kemudian, juga peningkatan pemanfaatan Alsintan dan Saprodi, penguatan infrastruktur TIK, digitalisasi, data dan informasi pangan serta penguatan koordinasi dan komunikasi,” ujarnya.

Menurutnya, Gernas PIP ini menjadi komitmen bersama untuk mengoptimalkan langkah-langkah pengendalian inflasi dari sisi suplai dan mendorong produksi guna mendukung ketahanan pangan secara integratif, masif, dan berdampak nasional. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.