Iklan smsi

DJP Sumut I Gandeng Apindo Sumut Ajak Pengusaha Ikut PPS

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I) gelar sosialisasi Program Pengungkapan Sukarela (PPS) bekerja sama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Sumatera Utara (Apindo Sumut).

Dalam keterangan tertulis diterima redaksi, Minggu (12/6/2022) disebutkan, sosialisasi itu untuk bersama-sama mengajak para wajib pajak, agar mengetahui, memahami serta memanfaatkan PPS.

Sosialisasi yang dihadiri Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi dan Ketua DPP Apindo Sumut Haposan Siallagan itu digelar secara hybrid di Grand Jati Junction Jalan Perintis Kemerdekaan Medan.

Dalam sambutannya melalui zoom, Kepala Kanwil DJP Sumut I Eddi Wahyudi menyampaikan selamat kepada kepengurusan DPP Apindo Sumut yang baru.

“DJP mengapresiasi Apindo Sumut yang senantiasa mendukung pemerintah dalam berbagai program yang dilaksanakan selama ini,” ujar Eddi.

Eddi juga mengajak seluruh peserta kegiatan, pengusaha-pengusaha di Sumut untuk membangun Sumut dengan mengikuti PPS.

Dijelaskan Eddi, PPS bukan Amnesti Pajak Jilid Dua. Program ini memberikan kesempatan kepada Wajib Pajak untuk mengungkapkan hartanya yang belum atau kurang dilaporkan.

“Diharapkan dengan ikut serta dalam PPS akan membuat semakin nyaman dalam hal kewajiban perpajakan masing-masing anggota dan tentunya turut berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi negara.”kata Eddi.

Eddi menjelaskan dua Kebijakan dalam PPS yang dapat diikuti Wajib Pajak sesuai dengan kondisinya.

PPS terdiri dari 2 kebijakan, pertama ditujukan kepada Wajib Pajak (WP) yang belum mengungkapkan harta yang diperolehnya sebelum Desember 2015.

Kebijakan dua ditujukan kepada WP yang belum mengungkapkan harta yang diperoleh dari 2016-2020, namun belum dilaporkan dalam SPT Tahunan 2020.

Kegiatan ini diisi narasumber dari Penyuluh Pajak Kanwil DJP Sumut I Mustafa Kemal dan diikuti secara antusias oleh lebih dari 50 peserta.

Mustafa Kemal menerangkan bahwa DJP telah siap dalam memberikan pelayanan kepada Wajib Pajak yang ingin mengikuti PPS.

Wajib Pajak dapat menggunakan aplikasi pengungkapan dan pembayaran melalui https://pajak.go.id/pps yang dapat diakses 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, dengan enam langkah mudah yaitu login ke DJP online, masuk aplikasi PPS, unduh formulir, isi formulir, lakukan pembayaran, kemudian submit.

Menurutnya berbeda dengan Program Tax Amnesty yang lalu. Pelaporan atau pengungkapan PPS dilakukan dengan Surat Pemberitahuan Pengungkapan Harta (SPPH) yang disampaikan secara elektronik dengan login melalui laman web https;//pajak.go.id/pps

Pada kegiatan ini juga disediakan pojok PPS, dimana peserta kegiatan dapat langsung berkonsultasi mengenai Program Pengungkapan Sukarela langsung kepada penyluh pajak DJP. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.