Jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Harga Empat Komoditi di Sumut mulai Naik

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Fenomena menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) pada umumnya terjadi kecenderungan kenaikan sejumlah harga pangan pokok.

Para pelaku pasar atau pedagang cenderung menaikkan harga komoditi karena biasanya pada HKBN terjadi lonjakan permintaan dari konsumen.

Demikian juga jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2022, sejumlah komoditi di Sumatera Utara juga mengalami kenaikan.

“Berdasarkan pengamatan menjelang HBKN, harga minyak goreng, cabai merah, daging sapi, dan gula pasir telah mengalami peningkatan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut Doddy Zulverdi pada pertemuan Bincang Bareng Media (BBM) yang dilakukan secara hybrid, Selasa (29/3/2022).

Disebutkannya, harga empat komoditas tersebut cenderung naik dan lebih tinggi dibandingkan dengan periode pengamatan tahun 2019-2021.

Selain itu, tingginya tensi geopolitik, dan cuaca ekstrem menyebabkan kenaikan harga gandum, jagung, dan kedelai di pasar dunia, berpotensi memberikan dampak pada tekanan inflasi nasional termasuk Sumatera Utara.

Di tengah meningkatnya kebutuhan dan aktivitas ekonomi masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, TPID Sumatera Utara bersama TPID Kab/Kota memastikan pasokan bahan-bahan pokok dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

Berbagai upaya pengendalian inflasi yang fokus pada strategi 4K (Keterjangkauan Harga, Ketersediaan Pasokan, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif) juga akan terus dilakukan menjelang HBKN.

“Berbagai upaya akan dilakukan melalui pelaksanaan kampanye belanja bijak serta pelaksanaan sidak bekerja sama dengan Satgas Pangan dan pasar murah guna menjaga ketersediaan pasokan dan kestabilan harga,” katanya.

Berdasarkan hasil pantauan di sejumlah pasar tradisional di Medan dan sekitarnya, harga daging segar mulau bergerak naik.

Di pasar tradisional Sukaramai dan Pasar Halat Medan pada H-5 ramadan harga daging sapi Rp 140 ribu per kg dari harga normal Rp 125 ribu.

Diperkirakan harga daging sapi tersebut akan terus naik hingga H-1 ramadan.

Seperti diungkapkan Anis, warga Jalan Raya Menteng Medan. Menurutnya, harga daging sapi saat ini mencapai Rp 140 tibu per kilo gram

Diakuinya membeli daging H- 5 jelang ramadan karena khawatir akan terjadi lagi kenaikan.

“Jika H- 1 atau 2 ramadhan, harganya bisa naik menjadi Rp 150 ribu lebih per kg,” kata Anis. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.