Pasar Elektronik Moncer, Sharp Komit Lestarikan Lingkungan di Tengah Ancaman El Nino

MEDAN-Dunia termasuk Indonesia kini menghadapi ancaman fenomena El Nino yang diprediksi terjadi pada 2023. Perubahan iklim yang memicu terjadinya penurunan curah hujan atau kemarau itu menyebabkan cuaca akan lebih panas hingga akhir tahun ini.

Terjadinya fenomena El Nino itu sudah tentu berdampak peningkatan suhu, sehingga bisa memicu permintaan produk elektronik perangkat pendingin, seperti penyejuk udana atau air conditioner (AC) maupun kulkas. Karena itu tidak heran saat ini sebagian besar masyarakat mulai membeli penyejuk ruangan untuk mengantisipasi kemarau panjang.

PT Sharp Elektronics Indonesia yang berada di bawah supervisi perusahaan multinasional Sharp Corporation, Jepang menjawab kebutuhan tersebut dengan tetap memperhatikan aspek ramah lingkungan dengan menggunakan refrigerant, yakni berupa komponen yang berbentuk cair dan berfungsi untuk menghasilkan dingin.

Kepedulian Sharp dan komitmennya melestarikan lingkungan di tengah ancaman El Nino tersebut bukan hanya sekedar ucapan semata tapi dibuktikan dengan penggunaan bahan hidrokarbon yang lebih ramah lingkungan dalam pembuatan AC. Hal itu merupakan salah satu bentuk mengantisipasi rusaknya lingkungan seperti lapisan ozon dan pemanasan global.

PT Sharp Indonesia tepat 5 Maret 2023 lalu, merayakan hari jadinya ke 53 tahun. Di usia yang lebih setengah abad itu adalah sebuah pencapaian luar biasa bagi perusahaan ini yang dapat mempertahankan eksistensinya di bumi nusantara.

Jadi di usianya ke 53 tahun ini bukanlah suatu isapan jempol jika Sharp Indonesia ini dikatakan sebagai rajanya global elektronik Tanah Air.

Saking populernya, sebagian penduduknya banyak memiliki produk elektronik yang dikeluarkan PT Sharp Indonesia, seperti AC, televisi, mesin cuci, kulkas, home theater, telepon, vacumm cleaner, kalkulaor, LED dan lainnya.

Pertumbuhan Ekonomi 

Capaian dan prestasi yang telah diraih itu merupakan suatu kebanggaan bagi Sharp Indonesia. Bagaimana tidak, perusahaan ini ikut berperan serta memajukan Bangsa dan Negara Indonesia yang konsisten meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui penjualan berbagai produknya dan memberikan manfaat bagi konsumen.

Tingginya minat masyarakat terhadap produk Sharp Indonesia di tengah ancaman El Nino dalam memenuhi kebutuhan AC, hal itu juga ditandai dengan pangsa pasar Sharp yang makin moncer (bersinar)

Moncernya pangsa pasar AC itu diakui Senior GM National Sales PT Sharp Electronics Indonesia, Andry Adi Utomo yang menyebutkan pangsa pasar AC menempati posisi pertama dengan menguasai sekitar 22 %.

“Dengan dilakukannya produksi dalam negeri, sudah tentu akan meningkatkan daya saing dengan harga yang lebih kompetitif,” kata Andry.

Seiring meningkatnya pangsa pasar AC tersebut, Sharp Indonesia melakukan pembangunan pabrik produk penyejuk udara ( Air Conditioner ) di kawasan Karawang International Industrial City, Karawang Barat dengan menempati lahan seluas 3,5 ha dari total luas 31 ha.

Pabrik AC ini nantinya dibuka secara resmi pada Agustus 2023 mendatang dan siap untuk memenuhi kebutuhan produk penyejuk udara seluruh Indonesia.

Pada pasca satu tahun peletakan batu pertama pembangunan pabrik, di kuartal pertama di 2023 pabrik tersebut telah rampung dibangun dan mulai melakukan produksi pertamanya.

Bahkan President Director PT Sharp Electronics Indonesia. Shinji Teraoka melakukan pengiriman produksi pertama sebanyak 250 unit AC untuk memenuhi kebutuhan produk AC wilayah Jakarta dan ditargetkan sebanyak 2.700 unit lagi pada pengiriman selanjutnya di April 2023.

“Memiliki produk AC dalam negeri, akan memudahkan kami untuk terus melakukan pengembangan dengan menciptakan fitur-fitur yang sesuai kebutuhan konsumen dan pasar AC Indonesia,” terang Teraoka.

Executive Vice President, Member of The Board, Sharp Corporation, Masahiro Okitsu juga menyatakan optimistisnya dan meyakini di masa depan akan menjadikan pabrik AC Sharp di Indonesia sebagai basis utama ekspor AC untuk negara – negara di Asia.

Lengkap dan Berkualitas
Bagi konsumen menjatuhkan pilihan membeli AC untuk kebutuhan sehari-hari, tentunya karena banyak faktor yang menjadi pertimbangannya. Selain pentingnya pengenalan produk lebih detail yang tak kalah pentingnya lagi adalah kualitas fiturnya,

Sekarang ini banyak sekali merek AC berkualitas yang bisa dipilih. Namun salah satu merk AC yang populer dan banyak diminati di pasaran adalah AC Sharp. Hal ini karena AC Sharp menawarkan lebih banyak kelebihan dibandingkan kekurangannya bahkan memiliki banyak fitur lengkap dan berkuatas,

Sharp mengklaim bahwa AC buatan produknya memiliki spesifikasi yang cukup lengkap mulai dari fungsi dasar sampai fitur khusus yang memanjakan penggunanya,

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki AC Sharp, antara lain turbo cooling, sebuah komponen yang bekerja dengan ekstra kekuatan sehingga proses pendinginan dapat menyebar secara merata ke seluruh bagian ruangan.

Kondisi dingin bisa dijangkau cukup cepat tanpa perlu menunggu terlalu lama. Selain itu, dengan adanya aliran fluda maka bisa mendukung produksi kesejukan pada AC di area yang luas.

Fitur Multi Fan. Pada sistem ini AC Sharp memiliki kipas sebanyak 2 buah. Kedua kipas ini akan bekerja secara otomatis dengan daya listrik yang rendah. Kipas ini bahkan juga sangat mendukung performa suhu yang ada dalam ruang dan sangat membantu dalam mengoptimalkan operasional pendinginan sekaligus penyegar ruangan.

Teknologi Plasmacluster. Tipe AC yang satu ini sudah dilengkapi dengan teknologi berupa Plasmacluster dan memiliki kinerja untuk menekan perkembangan dan pertumbuhan virus sehingga membantu meminimalkan risiko kesehatan bagi penggunanya.

Selain itu fitur timer yang memungkinkan pengguna untuk mengatur jadwal operasional AC secara otomatis dan tipe tertentu juga dilengkapi dengan sistem nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk mengelola AC dari ponsel.

Dengan menggunakan remote AC Sharp, pengguna dapat mengaktifkan semua operasional dengan sangat mudah dan praktis, sehingga kesejukan udara akan tercapai dengan cara setting AC Sharp yang ideal. Tanpa mengorbankan konsumsi daya sehingga pemakaian listrik tetap rendah.

Unggul
Keunggulan berbagai fitur AC Sharp itu diakui Selvia, warga Jalan Raya Menteng Medan, Sumatera Utara. Menurutnya, sebagai seorang Bidan, AC merupakan kebutuhan penting bagi dirinya.

“Banyak manfaat yang saya dapati dari penggunaan AC Sharp. Meskipun hanya menggunakan 0,5 PK namun banyak keuntungannya,: kata Selvia saat ditemu di kediamannya, Jumat (12/5/2023)

Meskipun dia menggunakan 0,5 PK untuk 3 kamar tidur dan 1 ruang keluarga, namun hemat daya, sehingga biaya tarif listriknya relatif tidak besar dibanding dari merk lain yang pernah dipakainya.

Untuk hemat daya, Selvia hidupkan AC saat mau tidur sekira pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi dengan suhu 26 derajat celcius. Meskipun AC sudah dimatikan namun kamar tidur tetap cukup sejuk sehingga menghemat banyak listrik.

Penghargaan
Sekalipun Sharp populer disebut sebagai rajanya global elektronik Tanah Air dan moncer dalam pangsa pasar, namun perusahaan manufaktur ini tetap komit melestarikan lingkungan bahkan meraih banyak penghargaan bergengsi.

Penghargaan itu antara lain pada Maret 2022, Sharp Indonesia menyabet 6 penghargaan Dimulai dari Indonesia CSR Excellence Awards 2022 yang diperoleh secara berturut-turut, Digital Popular Brand Awards 2022, Solo Best Brand & Innovation Awards 2022, Indonesia Green Awards 2022, Top CSR Awards, dan Brand Choice Awards 2022

Sharp Indonesia pada September 2022 juga memboyong lima penghargaan CSR Nusantara Awards 2022, di lima kategori, yaitu : Pemberdayaan Penyandang Disabilitas : Sharp X The Goods Dept Support Garuda INAF Goes to WAFF World Cup 2022.

Selain itu peningkatan mutu kesehatan : Dukung percepatan vaksinasi nasional, Bakti Untuk Negeri – Sharp ada Untukmu dan berbagai penghargaan lainnya.

Dengan perolehan berbagai penghargaan bergengsi itu, tidak menjadikan Sharp Indonesia sudah merasa puas tapi terus meningkatkan kualitas produknya dan mampu menunjukkan kekuatannya di pasar sehingga bisa bersaing dengan kompetitor lainnya.

Semoga PT Sharp Indonesia tetap komit melestarikan lingkungan dan terus menghadirkan produk – produk yang inovatif dan berkualitas sehingga menjadi kepercayaan masyarakat Indonesia yang telah menjadi konsumen setianya. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.