Iklan smsi

Bebas Biaya Pendaftaran, UISU Siap  Tampung 4200 Mahasiswa Baru TA 2022/2023

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) siap menampung 4200 mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023 yang tersebar di 9 fakultas dan 36 program studi sarjana dan pasca sarjana.

“Proses penerimaan mahasiswa baru UISU dilakukan secara luring maupun daring,” kata Rektor Dr H Yanhar Jamaluddin, MAP di Kampus UISU Jalan SM Raja Medan, Sabtu (16/4/2022).

Rektor didampingi Ketua PMB UISU Dr. Liesna Andriany MPd yang juga Wakil Rektor Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah menyebutkan, kepada calon mahasiswa yang ingin mendaftar online bisa mengunjungi website pmb.uisu.ac.id.

Sedangkan bagi yang ingin mendaftar secara langsung bisa datang ke Kampus UISU Jalan SM Raja Medan.

Di usia yang ke-70 ini, jelas Rektor, UISU terus berbenah dan berusaha meningkatkan kualitas akademik.  Itu dibuktikan dengan pencapaian akreditasi institusi dan program studi di lingkungan UISU yang hampir keseluruhannya peringkat B dan Baik Sekali.

Bahkan, pihaknya kini tengah mengajukan pengusulan beberapa prodi baru sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.
Beberapa prodi yang dalam proses pengusulan diantaranya program Doktor S3 hukum, S3 Manajemen dan S3 Kajian Bahasa Inggris, serta Program Studi Sarjana S1 Teknik PWK, Teknik Kimia dan Teknik Geologi.

Selain itu, Rektor juga menegaskan bahwa UISU tetap komit untuk membebaskan biaya pendaftaran kepada mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023.

Kebijakan itu bagian dari upaya untuk memberikan kemudahan kepada calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi di UISU.

Tidak hanya itu, UISU juga siap memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa akademik dan prestasi dari pemerintah.

“Termasuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi di tingkat provinsi dan nasional serta beasiswa bagi hafidz alquran,”ucapnya.

Rektor juga menegaskan pelaksanaan kegiatan akademik di UISU berjalan lancar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku  serta didukung sepenuhnya oleh pemerintah, alumni dan masyarakat.

“Alhamdulillah, semua proses belajar mengajar hingga wisuda berjalan lancar dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah,” ujarnya.

Jadi, pihaknya menghimbau agar masyarakat, alumni dan mahasiswa tidak perlu khawatir.

Rektor mengatakan, dirinya merupakan Rektor UISU yang sah berdasarkan Surat Keputusan Pembina Yayasan UISU Nomor 07/kpts/2019 tanggal 26 April 2019 (Akta Mardjunisjah Nomor 8 Tahun 2019).

Legalitas itu juga didukung dengan surat Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Nomor B/253 tanggal 26 Juni 2019 juncto surat LLDIKTI Wilayah 1 Nomor 18 tanggal 9 April 2020 dan surat Direktorat Jenderal DIKTI Nomor 0025 tanggal 09 Januari 2021.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Liesna Andriany, MPd menjelaskan  proses pendaftaran mahasiswa baru dibuka sejak 14 Maret lalu dan akan berakhir pada 30 September mendatang.

“Tahun ini, UISU menyediakan kuota 4200 mahasiswa baru di 36 program studi yang tersebar di 9 fakultas,”ujarnya.

Khusus untuk calon mahasiswa kedokteran, pihaknya tetap memberlakukan biaya pendaftaran sebesar Rp1,5 juta dan juga menerapkan ujian CBT (computer based test) serta ujian Kesehatan, psikologi dan wawancara.

Hal itu mengingat tingginya animo calon mahasiswa untuk prodi Pendidikan Kedokteran sementara kuota yang tersedia hanya 150 mahasiswa.

Selain itu, Dr. Liesna juga mengatakan, untuk mendapatkan informasi lebih detail, UISU membuka jalur informasi melalui no 08116561952 dan 0811622244 yang dapat dihubungi calon mahasiswa. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.