Iklan sari mutiara idul fitri

Bupati Langkat Apresiasi Bantuan Mesin Pembuat Belacan dari UISU

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Pemerintah kabupaten Langkat mengucapkan terimakasih dan mengapreasiasi pemberian bantuan mesin pembuat belacan dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) kepada pelaku UMKM pembuat Belacan yang ada di Desa Pulau Kampai Kecamatan pangkalan Susu Langkat.

Ucapan terimakasih itu disampaikan Plt Bupati Langkat, H. Syah Afandin SH saat menerima kunjungan Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP di kantor Bupati, Stabat, Selasa (9/8/2022).

H. Syah Afandin SH berharap dengan adanya bantuan mesin pembuat belacan yang diciptakan UISU mampu membantu pelaku usaha pembuat belacan di Langkat.

“Pada gilirannya akan bantuan itu diharqpkan bisa meningkatkan produksi dan perekonomian masyarakat Langkat,” ujarnya.

Ke depan, kata H. Syah Afandin SH, pihaknya akan melakukan pendataan pelaku UMKM pembuat belacan dalam rangka penyaluran bantuan Mesin Pembuat Belacan.

Dengan demikian, semua kelompok usaha dapat merasakan pembuatan Belacan dalam rangka meningkatkan produksi dan perekonomian masyarkat.

Saat penyerahan secara resmi di Kantor Camat Sei Lepan Langkat, Rektor UISU Dr.H.Yanhar Jamaluddin MAP menyampaikan UISU dan Pemerintah Kabupaten Langkat  sudah melakukan penandatanganan MoU pada 2021.

” Implementasi dari MoU itu, UISU telah melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya menetapkan Desa Mitra Pelawi Utara sebagai kampong batik yang langsung melibatkan pengusaha dan masyarakat. Kemudian, pelaksanaan KKN Tematik oleh mahasiswa UISU yang saat ini masih berlangsung,” beber rektor.

Pemberan bantuan mesin pembuat belacan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kemudian hemat lingkungan bagi pelaku UMKM.

Dijelaskan Rektor UISU, mesin pembuat belacan merupakan hasil inovasi karya nyata dari tim Fakultas Teknik UISU kepada masyarakat.

Turut hadir pada penyerahan mesin bantuan itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori ST MT,  Dekan Fakultas Teknik UISU Ir. H. Abdul Haris Nasution beserta tim. Camat Pangkalan Susu T.Syafrie Elza Hadi Prawira, Camat Sei Lepan Muhammad Iqbal Ramadhan, SE.

Pada kesempatan yang sama Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. H.Hermansyah juga menyampaikan penyerahan pembuatan belacan ini sangat membantu masyarakat.

“Nantinya Kami dari pemerintah Kabupaten Langkat akan melakukan kerjasama dengan UISU, dan UMKM,” sebutnya.

Sementara itu, salah seorang pelaku UMKM, Edi dari Desa Pulau Kampai menyampaikan terimakasih kepada UISU atas bantuan hibah mesin pembuat belacan.

“Dengan bantuan alat ini nantinya kami dapat mengembangkan usaha produksi lebih banyak lagi. Atas jerih payah dari pihak UISU kami ucapkan terimakasih. Mudah-mudahan bisa berbuat banyak lagi untuk masyarakat yang membutuhkan bantuan dan bimbingan kepada masyarakat,” ucapnya. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.