Iklan smsi

FKIP UMSU Lepas 19 Mahasiswa Ikuti KKN Internasional di Malaysia

MEDAN-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah (FKIP UMSU) melepas keberangkatan 19 mahasiswa peserta  Kuliah Kerja Nyata (KKN) Internasional 20022-2023 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Pelepasan dilakukan, Sabtu (20/5/2023) oleh Rektor UMSU yang diwakili WR I Prof Dr Muhammad Arifin SH MHum didampingi Dekan FKIP UMSU Dra Hj Syamsuyurnita MPd, WD III Dr Mandra Saragih MHum dan  Kaprodi PGSD Suci Perwitasari MPd

Wakil Rektor I UMSU Prof Muhammad Arifin menyampaikan, pada era dekade 60 an banyak guru-guru dari Indonesia mengajar di Malaysia. Pada masa itu memang Malaysia masih belajar banyak kepada Indonesia terkait pendidikan.

“Namun pada beberapa dekade terakhir, pendidikan Malaysia itu mengalami akselarasi perkembangan yang cukup pesat. Bahkan sekarang ini justru kita banyak belajar dari Malaysia, khususnya ditingkat sarjana dan pascasarjana,” ungkap Prof Arifin.

Tentunya fakta ini harus jadi inspirasi dan motivasi bagi UMSU untuk bisa lebih giat lagi meningkatkan kualitas pendidikan.

“Bukan berarti kita harus rendah diri, namun ini harus menjadi pemicu bagi kita sebagai mahasiswa PTMA untuk terus mengembangkan potensi dalam kerangka visi berkemajuan, terutama dalam dunia pendidikan,” imbuhnya.

Prof Muhammad Arifin menegaskan, bahwa program seperti KKN Internasional ini adalah salah satu keniscayaan yang harus dilaksanakan untuk menyahuti tuntutan era globalisasi, dimana sektor pendidikan tinggi juga mau tidak mau harus membuka diri untuk melakukan kerjasama dan kolaborasi di tingkat global.

“Tidak ada satu negara di dunia ini yang bisa berjalan sendiri tanpa kerjasama dan kolaborasi dengan negara lain,” katanya.

Karena itu, Prof Muhammad Arifin berpesan agar seluruh mahasiswa FKIP UMSU yang mengikuti program KKN Internasional ini bisa mengikuti dan menjalankan seluruh agenda kegiatan dengan sebaik-baiknya.

“Ikutilah program KKN Internasional ini dengan sebaik-baiknya. Harus diingat, kalian berangkat bukan untuk jalan-jalan, tapi untuk menimba pengalaman. Kalian bukan cuma jadi duta Fakultas dan UMSU, tapi juga jadi duta Muhammadiyah,” ujarnya.

Dekan FKIP UMSU Dra Hj Syamsuyurnita MPd menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UMSU yang akan mengikuti kegiatan KKN Internasional di Kuala Lumpur Malaysia, mulai 22 Mei sampai 17 Juni 2023.

“Kalian yang berjumlah 19 orang ini merupakan orang-orang pilihan. Karena diantara banyaknya mahasiswa PGSD, kalianlah yang terpilih jadi duta FKIP UMSU,” tuturnya.

“Karena kalian KKN bukan di negeri sendiri tapi di negeri orang, maka kalian semua harus mempersiapkan secara matang terkait persiapan fisik, mental dan juga ninansial,” imbuhnya.

Sebagai Dekan FKIP UMSU, Dra Hj Syamsuyurnita MPd berpesan agar saat melaksanakan KKN Internasional di Malaysia bisa menjaga nama baik almamater.

“Mengingat ini merupakan program KKN Internasional mandiri, tidak disubsidi, tentunya terpilihnya kalian sudah melewati sejumlah pertimbangan, mulai dari kesiapan fisik, mental, keuangan juga prestasi.,” sebutnya.

Syamsuyurnita juga menjelaskan, selain KKN Internasional mandiri, kedepan juga akan ada program KKN Internasional PTMA dari seluruh  Indonesia.

“Alhamdulillah, 2 orang mahasiswa FKIP UMSU dan 3 dari FAI UMSU terpilih ikut dalam program KKN Internasional PTMA nanti,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, WD II FKIP Dr Mandra Saragih menambahkan, KKN Internasional ini bertujuan untuk mengembangkan wawasan, soft-skill dan pengalaman praktek mengajar mahasiswa FKIP UMSU, khususnya mahasiswa PGSD.

“Kita berharap adik-adik mahasiwa bisa menambah wawasan, menimba pengalaman dan mempertajam soft-skill praktik mengajar melalui program KKN Internasional ini,” kata Mandra.

Mandra juga menjelaskan, 19 mahasiswa PGSD FKIP UMSU yang melaksanakan KKN Internasional  akan ditempatkan di 3 lokasi di Kuala Lumpur, yakni di Kepong, Kampung Baru, Gombak Utara.

“Selama pelaksanaan KKN Internasional ini kita bekerjasama dengan PCIM Malaysia,” ujar Mandra.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut perwakilan Unit KKN UMSU Dr Muhammad Said Harahap MIkom dan perwakilan Lembaga Kerjasama dan Urusan Internasional (LKUI) UMSU, Muhammad Shareza Hafiz SE MAcc ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.