Iftar Ramadan, Rektor Unpab Dorong Dosen Kedepankan Karakter dan Digitalisasi

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Meski tiga tahun pandemi Covid-19 melanda, aktivitas akademis Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Medan tetap bisa berjalan dengan baik.

“Pandemi Covid-19 itu juga sekaligus menjadi momen refleksi untuk menata hidup adaptif dengan perkembangan zaman,”  kata Rektor Unpab Dr Muhammad Isa Indrawan SE MM di Iftar (buka puasa) Ramadan di Hotel Four Point, Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (20/4/2022).

Dikatakan Isa, meski tiga tahun ini pandemi Covid-19 melanda, namun Unpab tetap bisa berdiri dan menjalankan aktivitas akademisnya. Memang ada kendala, namun semua bisa diatasi, mulai dari penerimaan mahasiswa hingga wisuda.

Isa Indrawan mengingatkan semua pihak, khususnya para pendidik, bahwa ke depannya tantangan dunia akademis akan semakin kompleks karena perkembangan teknologi digital yang merangsek ke semua lini, termasuk dunia akademis. Namun, menurutnya ada hal-hal yang tak bisa digantikan mesin digital.

Ke depannya, kata rektor hal-hal teknis, termasuk dalam bidang akademis, akan digantikan sistem digital. Namun ada hal yang tidak bisa digantikan. Yakni karakter dan humanity.

Makanya Unpab ini mengutamakan pembangunan karakter yang humanis. Kalau soal teknis mengajar atau ilmu pengetahuan bisa ditransformasikan ke sistem digital, sehingga bisa saja jam mengajar dosen berkurang.

” Ini adalah tantangan sekaligus peluang,” kata rektor dalam acara bertema “Ramadhan Membangun Karakter Civitas Akademika Unpab dalam Menggapai Ridho Ilahi” itu.

Sebelumnya, Iftar Ramadan ini, kata Isa Indrawan, juga sudah berlangsung Selasa 19 April 2022, dengan peserta pegawai Unpab. “Sedangkan hari Rabu ini diadakan bersama para dosen dan sahabat-sahabat Unpab,” kata Isa yang juga Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Wilayah Sumut.

Turut hadir dalam acara itu unsur pengurus Yayasan Profesor Dr Haji Kadirun Yahya, perwakilan Kadin Sumut, Aptisi Sumut, pengurus Media Online Indonesia, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) Sumut.

Acara iftar Ramadhan diisi dengan games caracter building atau games sifiko yang dipandu oleh dosen Unpab, Abdi Setiawan SE MM. Sementara tausiyah Ramadhan disampaikan Ustadz Puji Rahmadi MA. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.