Hut 10 indosat

Implementasikan MBKM, USU-NT Corporation Tandatangani MoU

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Rektor Universitas Sumatera Utara ( USU) Dr
Muryanto Amin, SSos, MSi tandatangani Memorandum of  Understanding (MoU) dengan Presiden Komisaris NT Corporation, Dr Ir Nurdin Tampubolon MM di Biro Rektor USU, Selasa (14/12/2021).

Rektor dalam sambutannya mengatakan, penandatanganan MoU ini nantinya akan disandingkan dengan kuliah umum bertajuk “Peran Alumni dalam Mendukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka USU.

Menurut rektor, penandatanganan nota kesepahaman ini selain bersilaturahmi juga bersinergi untuk menjalin kerja sama bagi kebermanfaatan yang lebih luas.

“Dr Nurdin Tampubolon  merupakan salah seorang alumni USU yang dikenal dekat dan memiliki kepedulian terhadap almamaternya. Kami sangat mengapresiasi berbagai bentuk kepedulian tersebut sebagai dukungan kuat bagi pelaksanaan program pembangunan USU ke depan,” kata Muryanto.

Alumni, kata rektor merupakan salah satu kekuatan yang dibutuhkan  USU untuk meningkatkan kualitas dan perannya di tengah masyarakat, baik secara nasional maupun di dunia internasional.

Rektor berharap MoU ini dapat ditindaklanjuti dengan implementasi segera, khususnya dengan fakultas teknik dan prodi-prodi di bawahnya yang terlibat langsung sebagai mitra kerja sama dalam bidang-bidang yang telah disepakati.

Di mana nantinya dapat dirumuskan secara mendetail konsep kegiatan berikut outputnya yang akan dilaksanakan segera maupun dilaksanakan bertahap pada kesempatan selanjutnya.

Dengan demikian bisa disusun mana agenda yang bisa direalisasikan dalam waktu dekat dan berbagai kebutuhan pendukungnya, serta mana yang masih bisa menyusul kemudian, sehingga target dan tujuan yang telah ditetapkan dalam pelaksanaan MoU ini bisa segera terwujud dengan baik.

Adapun wilayah kerja sama tersebut antara lain terkait dalam penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, penelitian dan pengembangan kelembagaan, yang masuk dalam ranah pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.

Di mana antara NT Corporation dan USU diharapkan dapat saling mendukung dalam meningkatkan kemampuan para mahasiswa USU untuk memenuhi standar kualitas sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing dan siap pakai.

Selain itu juga katanya kerjasama ini sekaligus membuka ruang yang lebih luas bagi terlaksananya berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan skill, keilmuan dan inovasi yang dimiliki para civitas akademika USU.

“Kami berharap dengan ditandatanganinya nota kesepahaman ini untuk lima tahun ke depan, maka hubungan yang terjalin antara USU dengan NT Corporation dapat semakin erat dan mampu memberikan kontribusi positif bagi kedua belah pihak,” kata rektor.

Kerjasama ini juga kata rektor diharapkan dapat semakin memperluas peluang dan kesempatan USU untuk berkontribusi dalam pembangunan dan memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

Sementara itu Presiden Komisaris NT Corporation, Dr Ir Nurdin Tampubolon MM mengatakan, penandatanganan ini sesuai dengan Kampus Merdeka, bahwa ada tiga program yakni magang, riset developmen dan wirausaha.

Melalui kerjasama dengan USU ini, kata Nurdin agar NT Corp bisa  menerima atau menempatkan mereka dari salah satu atau ketiga dari program tersebut sebagai pemenuhan kampus merdeka, di mana pada semester 5 dan 6 itu para mahasiswa diberikan pembelajaran langsung di lapangan atau magang di perusahaan.

” Hal itu tujuannya untuk mencetak wirausahawan yang unggul nantinya setelah mereka tamat  sesuai dengan jurusannya masing- masing. Selanjutnya mereka bisa melihat kesempatan-kesempatan di korperasi dan juga menjadi pengusaha pengusaha yang andal sesuai dengan progresnya,” beber Nurdin.

Mengenai daripada perusahaan korporasi itu, kata Nurdin adalah memproduksi barang dan jasa yang harus berdaya saing internasional. Dan itu  pastinya diproduksi oleh orang profesional yang merupakan mahasiswa USU yang dibina untuk generasi masa depan.

“Jadi dengan barang dan jasa yang diproduksi itu kita ekspor ke luar negeri untuk mendapatkan devisa untuk memakmurkan bangsa kita. Karena suatu bangsa yang berdaya saing, korporasinya yang pertama di berdaya saing di pasar internasional. Tidak mungkin satu bangsa bisa berinteraksi sinergi tanpa mempunyai barang dan jasa yang berdaya saing di pasar internasional,” ungkap Nrdin.

Senada dengan Dekan Fakultas Teknik USU, Dr. Ir. Fahmi ST MSc IPM yang juga menyebutkan kerjasama ini merupakan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM).

Menurutnya NT Corp sebagai perusahaan yang membidangi lebih dari satu bidang. JadI semangat MBKM itu memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri mendapatkan sesuatu yang lebih yang perkembangannya sangat cepat sekali.

“Jadi kita sangat senang dengan Pak Nurdin terus membantu kita di sini dan bukan cuma Fakultas Teknik saja tapi juga fakultas lain. Itu makanya MoU ini saya ajak langsung ke rektorat supaya bisa dengan fakultas lainnya untuk bekerjasama,” kata Fahmi.

Dengan MoU ini katanya akan memulai bekerjasama dan akan melibatkan lebih banyak orang lagi terutama mahasiswa yang bisa menggunakan kesempatan ini.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan lampu solar panel untuk  mendukung green kampus. Hal ini  bukan satu hal yang baru tapi sudah sering dilakukan, sehingga makin memperkokoh kerjasama dengan NT Corp. ( swisma)