Hut 10 indosat

Inkubator Bisnis Syariah UISU Dorong Kewirausahaan Mahasiswa

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN- Universitas Islam Sumatera Utara ( UISU) kini terus berbenah untuk menjadi pelopor peningkatan dan pengembangan kemampuan mahasiswa dalam berwirusahausaha.

Salah satunya dengan menargetkan berdirinya galeri yang diharapkan akan menampung seluruh produk kreatifitas dan kewirausahaan mahasiswa di lingkungan UISU.

Hal itu menjadi salah satu rencana kerja Rafriandi Nasution SE, MT selaku Koordinator Pengelola Inkubator Bisnis Syariah UISU.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin MAP mengatakan, kehadiran inkubator bisnis syariah UISU diharapkan dapat memberikan treatmen kepada startup yang ada di lingkungan UISU.

“Treatmen dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan mulai dari pelatihan, pengembangan usaha hingga permodalan,” kata Yanhar, Selasa (19/1/2022).

Karena itu, Rektor mengharapkan agar kehadiran incubator syariah ini dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh mahasiswa yang ada di lingkungan UISU.

Selain itu, Rektor juga berharap keberadaan inkubator bisnis syariah UISU mampu menjadi mediator atau jembatan antara mahasiswa dengan pihak eksternal dalam melakukan treatmen yang dibutuhkan dalam mengembangkan kreatifitas dan jiwa entrepreneurshipnya.

Harapan yang sama disampaikan
Rafriandi Nasution. Pada pembukaan Inkubator di Kampus Fakultas kedokteran UISU Jalan SM Raja Medan pada Rabu (12/1/2022)

Rafriandi yang juga staf pengajar di UISU berharap, kehadiran inkubator bisnis syariah ini menjadi sebuah semangat baru ke depan dalam rangka mewujudkan UISU sebagai PTS yang unggul.

Sebab itu, pihaknya berharap berusaha keras untuk mewujudkan beberapa program penting ke depan. Salah satunya mewujudkan galeri dan menciptakan UISU Mart yang identik dengan prinsip dan nilai-nilai keislaman.

Pentingnya galeri itu, menurut Rafriandi, akan menjadi salah satu etalase dan bukti konkrit akan kreatifitas dan produksi kegiatan kewirausahaan mahasiswa. Baik kegiatan kewirausahaan dan kreatifitas mahasiswa yang diperoleh dari program atau hibah kementrian maupun kegiatan kewirausahaan yang bersifat personal.

Pada pembukaan inkubator bisnis syariah juga dirangkai dengan penandatanganan prasasti itu dihadiri seluruh jajaran wakil rektor juga Dekan di lingkungan UISU serta mahasiswa yang ikut memperkenalkan produknya

Para wakil rektor yang hadir itu yakni Bidang Akademik dan Dakwah Islamiyah, Dr. Liesna Andriany, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya dan Tata Kelola Zufrizal SE, Ak, CA. MBA, MAFISS, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Ahmad Bakhori, ST, MT dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Andang Suhendi.

Selain itu Koordinator Pengelola Inkubator Bisnis Syariah Rafriandi Nasution, ST, MT beserta seluruh pimpinan fakultas.

Selanjutnya rektor beserta civitas akademika UiSU melihat berbagai produk mahasiswa yang dipamerkan saat kegiatan pembukaan inkubator bisnis syariah tersebut. ( swisma)