Kuota Unimed 8.500, Rektor Imbau Siswa Segera Mendaftar SNMPTN 2022

0

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN- Universitas Negeri Medan ( Unined) sediakan kuota 8.500 bagi mahasiswa baru 2022 melalui tiga jalur.

Kuota penerimaan mahasiswa baru di PTN melalui tiga jalur adalah  SNMPTN minimum 20 %, SBMPTN minimum 40 %, dan Jalur Mandiri maksimum 30 %.

Atas dasar itu, Rektor Unimed memutuskan terkait kuota mahasiswa baru melalui tiga jalur tersebut yaitu  SNMPTN 20 %, SBMPTN 50 %, dan Seleksi Mandiri 30 %.

“Pendaftaran SNMPTN 2022 sudah dibuka pada 14 Februari dan akan ditutup pada 28 Februari 2022,” kata
Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom SKM MKes, Selasa (15/2/2022).

Berkaitan dengan itu Unimed sudah melakukan sosialisasi dan promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 secara daring via zoom meeting pada  8-10 Februari 2022 diikuti para kepala sekolah, operator sekolah, guru BK dan para siswa SMA/SMK/MA sederajat di Sumut.

Saat ini proses pendaftaran SNMPTN 2022 sedang berlangsung dan akan ditutup pada 28 Februari 2022. Sedangkan pendaftaran atau registrasi akun LTMPT bagi siswa yang belum memiliki akun, akan ditutup pada 15 Februari 2022.

Sedangkan kelulusan jalur SNMPTN akan diumumkan pada 29 Maret 2022, Pukul 15.00 WIB.

Rektor menyampaikan tujuan sosialisasi dan promosi SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 yang telah dilakukan, agar para Kacabdis SMA/SMA/MA Kab/Kota di Sumut, Kepala Sekolah, Guru BK, Operator Sekolah dan para perwakilan Siswa SMA sederajat dapat memahami proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di PTN 2022.

Disebutkan rektor, sangat disayangkan jika banyak siswa/i SMA/MA/SMK di Sumut yang memiliki potensi dan prestasi, namun karena tidak memperoleh informasi yang akurat dan benar, jadi tertinggal untuk ikut mendaftar masuk PTN tahun ini.

“Tentu sangat disayangkan jika hal itu sampai terjadi bagi siswa/i kita. Karena itu, saya menghimbau bagi siswa SMA sederajat di Sumut yang eligible atas keputusan kepala sekolah, agar segera mendaftar dan menentukan prodi yang diminati, agar tidak tertinggal dan mengalami kendala saat melakukan pendaftaran diakhir masa penutupan nanti,” ujarnya.

Perlu diketahui proses SNMPTN dan UTBK-SBMPTN ini, secara nasional dilakukan  LTMPT (lembaga tes masuk perguruan tinggi) yang tahun ini ke-4 dilakukan oleh LTMPT.

SNMPTN dan UTBK-SBMPTN merupakan bentuk seleksi secara nasional untuk memperoleh mahasiswa baru di 125 PTN di seluruh Indonesia.

Model dan proses seleksi calon mahasiswa baru masuk Perguruan Tinggi Negeri dikembangkan sesuai perkembangan teknologi informasi, teknologi cyber, dan era digitalisasi serta tuntutan masyarakat terhadap output pendidikan tinggi yang kompeten.

Selain itu masyarakat membutuhkan model tes dan seleksi calon mahasiswa baru yang mengacu pada prinsip-prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas.

Merespon kebutuhan terhadap peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru berupa tes yang mampu memprediksi kemampuan calon mahasiswa untuk bisa menyelesaikan belajar di perguruan tinggi, tes kompetensi calon mahasiswa yang akan melanjutkan di program studi tertentu, dan pentingnya lembaga permanen yang melaksanakan tes terstandar secara nasional.

Rektor juga mengatakan jumlah prodi di Unimed yang bisa dipilih  pendaftar jalur SNMPTN dan UTBK-SBMPTN 2022 ada 51 Prodi S1, dan mayoritas 70 % terakreditasi Unggul atau A, selebihnya terakreditasi Sangat Baik atau B.

Prodi favorit dengan peminat tertinggi untuk jalur SNMPTN adalah Prodi PGSD, Manajemen, Akuntansi, Pend. Bimbingan dan Konseling, dan Gizi.

Sedangkan jalur SBMPTN adalah Prodi PGSD, Pend. Matematika, Akuntansi, Manajemen, dan Pend. Bahasa Ingggris.

Prodi-prodi ini peminatnya ribuan, namun kuotanya hanya 50-120 orang, bahkan untuk PGSD yang daftar 3500 orang, sedangkan yang diterima hanya 120 orang.

“Kami berharap siswa SMA sederajat di Sumut dapat segera mendaftar SNMPTN di awal-awal masa pendaftaran. Kami doakan semoga dapat lulus di Prodi dan PTN yang diminati,” tutup Rektor.

Persyaratan untuk mendaftar jalur SNMPTN tahun 2022 adalah  Siswa SMA/SMK/MA kelas XII pada 2022, Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan masing-masing PTN.

Selain itu siswa SMA sederajat tersebut masuk  siswa yang eligible atas keputusan Kepala Sekolah,  memiliki NISN dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester I -5 yang telah diisikan di PDSS dan memiliki akun LTMPT.

Sementara ada ketentuan pilihan Prodi bagi pendaftar SNMPTN 2022, yaitu setiap siswa dapat memilih dua program studi dari satu PTN atau dua PTN,.

Jika memilih dua program studi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/SMK/MA asalnya. Sedangkan jika memilih satu program studi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun, dan disarankan tidak lintas minat.

Informasi dan jadwal pendaftaran SNMPTN dan UTBK-SBMPTN dapat diunduh pada http://www.ltmpt.ac.id dan http://ltmpt.unimed.ac.id. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.