Milad 107 Aisyiyah Sumut di UMSU, Siap Sukseskan Muktamar 2027

MEDAN– Perayaan milad ke-107 Aisyiyah Sumut digelar di auditorium kampus Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara di Jalan Kapten Mukhtar Basri Medan, Sabtu (8/6/2024) dihadiri ratusan warga Aisyiyah.

Milad Aisyiyah tahun ini mengusung tema “Memperkokoh dan Memperluas Dakwah Kemanusiaan Semesta”.

Acara digelar Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Sumatera Utara itu ditandai dengan launching buku antologi puisi, serta pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.

PWA Sumut menggelar rangkaian kegiatan milad mulai akhir bulan Maret – awal Juni dengan beragam kegiatan, seperti lomba desain batik, karya Ilmiah, green Aisyiyah, reportase dan opini kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Ada juga seminar sex education, kreasi pangan, lomba kebersihan sekolah, hingga launching buku antologi 107 puisi yang ditulis para perempuan hebat Aisyiyah di Sumut .

Assisten Pembangunan dan Perekonomian Sekda Provsu Dr. H Agus Tripriyono SE MSi Ak CA mewakili Pj Gubernur Sumut, menyampaikan ucapan selamat a

tas milad ke-107 tahun Aisyiyah. Menurutnya, milad Aisyiyah ini menjadi momentum penting untuk refleksi atas usaha-usaha yang telah dilakukan selama ini agar dapat menyempurnakan langkah yang lebih baik di masa mendatang.

“Kami berharap Aisyiyah dapat menggapai cita-cita bangsa bersama pemerintah Sumatera Utara. Gerakan Aisyiyah sebagai organisasi perempuan Islam berkemajuan harus mampu bermanfaat dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat luas,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Muktamar 2027 yang juga Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP mengatakan, penyelenggaraan milad Aisyiyah di kampus UMSU merupakan bentuk kolaborasi.

Menurutnya, penyelenggaraan milad ini bentuk dari kemitraan dan kebersamaan amal usaha Muhammadiyah yakni UMSU, bukan sekadar simbolis saja.

“Ujung tombak UMSU ada di Aisyiyah, mulai dari ranting sampai daerah. Penyelenggaraaan Milad ini adalah bagian dari kebersamaan Pimpinan Wilayah Aisyiyah Sumatera Utara dan UMSU,” kata Prof. Agussani.

Ketua Panitia Muktamar itu yakin Muktamar 2027 akan terlaksana dengan baik jika adanya kolaborasi seperti ini. Dia berharap Muktamar di Sumatera Utara dapat sukses seperti di Solo.

“Ini master plan lokasi Muktamar yang akan dibangun di kampus UMSU yang ada di Sampali. Kita akan buat beberapa bangunan, jadi Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah tidak dipisahkan tempatnya,” ungkapnya.

Diakuinya, Aisyiyah memainkan penting dalam menyukseskan Mukhtamar Muhammadiyah 2027.

Beberapa hal yang bisa dilakukan diantaranya melayani para peserta Muktamar dengan baik, dapat memberikan suasana yang ramah dan menggembirakan, mampu menunjukan kebersihan hingga memperkenalkan kuliner Sumatera Utara dan sekaligus pemberdayaan UMKM.

Selanjutnya, Ketua PWA Sumut, Dr. Nur Rahmah Amini, M.Ag dalam pidatonya menyebut kebesaran, potensi, dan kekuatan Aisyiyah sebagai organisasi perempuan muslim berkemajuan penting dioptimalkan.

“Kita sebagai organisasi perempuan Islam berkemajuan, penting melakukan pergerakan secara optimal sehingga dapat berkontribusi memecahkan permasalahan bangsa dan negara,” ujarnya.

Dia menyampaikan, sudah 107 tahun Aisyiyah berkontribusi melalui amal usaha dalam bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan sosial, pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan ekonomi dan lainnya secara nyata diraskaan masyarakat luas.

Ketua PWA Sumut ini juga mengatakan siap menjadi tulang punggung menyukseskan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah 2027 yang diselenggarakan di Sumatera Utara, tepatnya di kampus UMSU.

Bendahara PWM Sumut Assoc. Prof. Dr. Muhammad Qorib, M.A dalam tausyiahnya menyampaikan amanat milad ke-107 Aisyiyah.

Dia mengimbau kader-kader Muhammadiyah dan Aisyiyah bersama menyukseskan Muktamar ke-49 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang berlangsung di Sumut dan di UMSU.

Acara puncak milad diisi dengan rangkaian kegiatan seperti launching buku antologi 107 puisi yang ditulis kader-kader PWA Sumut.

Selain itu juha kegiatan kreativitas seperti pembacaan puisi, grup vokal menyanyikan lagu Dakwah Kemanusiaan Semesta hingga penyerahan hadiah lomba.

Turut hadir di acara itu Wakil Ketua DPRD Sumut, Rahmansyah Sibarani, Hendra Cipta, Anggota DPRD Sumut, WR III UMSU Dr. Rudianto, M.Si, Penasehat PWA Sumut, Hj. Elynita.

Kemudian pimpinan Aisyiyah se-Sumut, para pimpinan Ortom Muhammadiyah se-Sumut, ketua Badan Koordinasi Organisasi Wanita Indonesia Provsu, serta ketua Badan Musyawarah Islam Wanita Indonesia Provsu. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.