OIF UMSU Jalin Kerja Sama Persatuan Falak Syarie Melaka

MEDAN – Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU dan Persatuan Falak Syarie Melaka menandatangani MoU, MoA dan IA serta gelar seminar Internasional bertajuk ‘Instrument Astronomi Klasik dan Modern’.

Acara tersebut dilaksanakan pada Senin (3/6/2024) lalu di Ruang Rapat UMSU Jalan Mukhtar Basri  Medan.

Penandatangan MoU/MoA/IA dilakukan WR III UMSU Dr. Rudianto, M.Si dan Pakar Falak Malaysia, Dr. Kassim Bahali didampingi Kepala OIF UMSU Dr. Arwin Juli Rakhmadi Butar-Butar, M.A serta penyematan cendramata berupa Ulos.

Pada kesempatan ini, Pakar Falak Malaysia, Dr. Kassim Bahali mengakui UMSU sangat hebat telah terkognisi MQA Mayasia,

“UMSU ini hebat loh karena susah menadapatkan rekognisi dari MQA,” ungkapnya.

Menurutnya jalinan kerja sama dan seminar internasional ini dapat mempererat dan mendekatkan hubungan dua negara, khususnya antara OIF UMSU, Persatuan Falak Syarie Melaka dan Persatuan Falak Syar’i.

“Alhamdulillah, hubungan kita dapat dipertingkatkan untuk kemajuan masa depan. Supaya Ilmu Falak ini dapat terus berkembang, hari ini ilmu menjadi sangat penting untuk kemaslahatan umat Isalam dalam menguasai Ilmu Falak,” ujar Dr. Kassim.

Rektor UMSU Prof. Dr Agussani, MAP diwakili WR III Dr. Rudianto, M.Si menyambut hangat kedatangan rombongan Persatuan Falak Syarie Melaka dan Persatuan Falak Syar’i.

“UMSU sangat serius mengembangkan Ilmu Falak, selain arahan dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah kita melihat masyarakat perlu dicerahkan dan diajarkan terkait bagaimana mengembangkan ilmu falak,” kata Rudianto.

Kegiatan dilanjutkan dengan seminar internasional Ilmu Falak bertajuk ‘Instrument Astronomi Klasik dan Modren’ dipandu Roynanda Sinaga, S.I.Kom

Tampil sebagai pemateri Dosen Prodi Ilmu Falak UMSU, Muhammad Hidayat, M.Pd membahas materi terkait ‘Instrumen Klasik Rubuk Mujayyab’.

Perwakilan dari Pusat Falak Syarie Melaka, Ahmad Zailan Abidin menyampaikan tentang ‘Penggunaan Alat Tradisional Falak Vs Teknologi Modern’.

Turut hadir pada kegiatan ini WD 1 FAI UMSU Assoc. Prof. Dr. Zailani. MA, 18 Mahasiswa Prodi Ilmu Falak dan rombongan dari Persatuan Falak Syarie Melaka. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.