Iklan sari mutiara idul fitri

Pisah Sambut Kepala BPMP Sumut Diwarnai Keakraban dan Berbagi Spirit Peningkatan Mutu Pendidikan

GLOBALMEDAN.COM, MEDAN-Keakraban dan rasa kekeluargaan terlihat dalam acara pisah sambut Kepala Badan Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara (BPMP Sumut) antara Afrizal Sihotang ST MSi dan Drs Irwan Safii MPd di Aula Sisingamangaraja XII Kampus I balai ini Jalan Asam Kumbang, Medan, Selasa (10/5/2022).

Acara yang berlangsung sederhana dan khidmat itu dihadiri Sekretaris Dinas Pendidikan Sumut Murdianto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan Laksamana Putra Siregar, Kepala BBPPMPV dan BBL Medan Rasoki Lubis, Kepala Balai Bahasa Sumut Maryanto, KUPT Dinas Pendidikan Lubuk Pakam Agus Sinaga dan pejabat dan tokoh masyarakat di Asam Kumbang lainnya.

Acara pisah sambut kedua pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) itu juga sekaligus pelepasan dalam menduduki jabatan baru di BPMP.

Afrizal Sihotang ST MSi, setelah lebih dari enam tahun menjabat sebagai Kepala BPMP Sumut kini menduduki jabatan baru sebagai Kepala BPMP Banten.

Sedangkan Drs Irwan Safii MPd menduduki jabatan sebagai Kepala BPMP Sumut yang sebelumnya merupakan Kepala BPMP Kepulauan Riau (Kepri).

Pelantikan keduanya dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) di Jakarta pada 25 April 2022.

Dalam sambutan pada temu pisah itu kedua pejabat tersebut saling berbagi pengalaman dan memberikan spirit serta harapan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di  wilayah kerja masing- masing.

Afrizal pada sambutannya mengungkapkan, sudah berkarier di BPMP Sumut selama 20 tahun, termasuk menjadi kepala balai.

Keberhasilan dalam pelaksanaan amanat, tugas dan tanggung jawabnya selama ini tidak terlepas dari peran dukungan semua pihak dan pemangku kepentingan, terutama jajaran BPMP Sumut.

“Untuk itu saya menyampaikan terima kasih atas peran dan dukungan yang diberikan kepada saya selama bertugas di BPMP Sumut ini,” kata Afrizal.

Kepada jajaran BPMP Sumut, Afrizal yang dikenal sebagai sosok ramah dan sederhana ini mengajak mereka untuk tetap mengedepankan kinerja dan tanggung jawab sebagai pegawai terlepas siapapun pemimpinnya.

“Tetaplah berkolaborasi, bekerja sama dengan baik dengan pimpinan dan semua pihak,” harapnya.

Di sisi lain, diyakininya Irwan Safii mampu meningkatkan peranan dan kinerja BPMP Sumut ke depan. Apalagi, potensi yang dimiliki para aparatur di balai ini cukup besar.

Menurut Aftizal, potensi Irwan Safii sangat besar untuk membangun dan meningkatkan  dunia pendidikan Sumut.

Afrizal juga seraya mengajak seluruh mitra dan pemangku kepentingan untuk terus bekerja sama dengan BPMP Sumut di bawah kepemimpinan Irwan Safii.

Senada, Irwan Safii juga mengharapkan peranan dan dukungan dari semua pihak, khususnya jajaran BPMP Sumut, dalam mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala BPMP Sumut yang baru.

Apalagi, tugas, fungsi dan tanggung jawab balai ini menurutnya semakin luas dan besar ke depan seiring dengan perubahan paradigma dan kebijakan pendidikan nasional terkait penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah di daerah.

Dikatakan Irwan, sebagai lembaga pemerintah pusat di daerah, BPMP Sumut harus mampu mengimplementasikan kebijakan pendidikan nasional oleh pemerintah pusat, yakni Merdeka Belajar, secara optimal di daerah yang kini sudah berjalan 19 episode.

” Cakupannya tidak semata pendidikan dasar dan menengah, tetapi juga anak usia dini hingga perguruan tinggi,” kata Irwan.

Untuk itu, Irwan Safii yang pernah menjadi Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD Dikmas) Sumut mengajak segenap pemerintah daerah, pemangku kepentingan, mitra dan jajaran BPMP Sumut tetap berkolaborasi secara sinergis dan harmonis agar tujuan meningkatkan kualitas pendidikan Sumut bisa diwujudkan.

Dalam pesan dan kesan pengantar pisah sambut itu, para pejabat selaku mewakili yang hadir berharap Afrizal Sihotang dan Irwan Safii sukses mengemban tugas dan tanggung jawab yang baru.

Mereka pun menyatakan siap bekerja sama untuk memajukan pendidikan di Sumut yang kualitasnya secara nasional hingga sekarang masih berada di jajaran menengah. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.