Hut 10 indosat

Rahmat Shah Ajak Mahasiswa UMSU Lestarikan Flora dan Fauna Indonesia

MEDAN-Dr. H. Rahmat Shah selaku tokoh konservasi alam terkemuka di dunia , mengajak mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( UMSU) ikut terlibat dalam pelestarian flora dan fauna khususnya di Indonesia yang kaya.

Ajakan itu disampaikan dalam Kuliah umum bertajuk ‘Upaya Proteksi Fauna Melalui Konservasi Demi Pembangunan Yang Berkelanjutan’ digelar pada, Rabu (3/7/2024) di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri  Medan.

Sebelum mengisi kuliah umum, Rahmat Shah mengunjungi berbagai fasilitas di kampus diantaranya Education USA Center yang ada di UMSU, Perpustakaan, Studio UMSU hingga siaran di Radio UMSU FM.

Kehadiran tokoh masyarakat yang banyak meraih penghargaan nasional dan internasional, termasuk pernah menjabat di lembaga tinggi negara ini mendapat sambutan hangat mahasiswa

Materi yang disampaikan secara interaktif dengan menyertakan video membuat peserta yang hadir betah mengikuti kuliah yang disampaikan.

Dia mengajak lebih dari 500 mahasiswa dan para tokoh di Sumatera Utara untuk mendukung upaya koservasi, rehabilitasi dan restorasi keragaman hayati guna mencegah kepunahan akibat pemanasan global serta kejahatan lingkungan oleh manusia.

“Teman saya dari kecil itu sudah satwa,” ujarnya menceritakan awal mula menyukai dunia satwa, flora dan aktif dalam kegiatan pelestarian lingkungan

Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) itu menjelaskan bahwa lembaga konservasi menjadi benteng terakhir penyelamatan satwa langka endemik Indonesia.

“Banyak hal yang kami lakukan, ada sekitar 4.912 jenis hewan yang dirawat dan dilestarikan,” ujar Rahmat.

Selain itu, Tokoh Indonesia yang telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan Internasional ini juga berbagi kiat suksesnya dari seorang pekerja bengkel hingga saat ini menjadi pengusaha sukses.

Dia berbagi 10 kiat sukses di antaranya kolaborasi, menghormati orangtua, disiplin, berbagi, kebersamaan, kerja keras hingga memilih lingkungan sosial.

“Saya anak desa dari sungai Babolon, Penyambungan Sumatera Utara dan Anak yatim piatu. Saya tidak pernah merasa kehilangan dan kerugian karena kunci keberhasilan dalam hidup adalah kebersamaan, tidak ada saling iri dengki,” ujarnya.

Dia mengapresiasi perkembangan UMSU yang sangat luar biasa. Menurutnya apapun yang diikuti mahasiswa selalu mendapatkan prestasi membanggakan.

Rektor Prof. Dr. Agussani, MAP mengucapkan terima kasih atas ketersediaan Rahmat Shah berkunjung ke UMSU. Dia mengatakan bahwa Rahmat sangat mendukung karya-karya dan prestasi mahasiawa UMSU.

“Terima kasih Bang Rahmat untuk kehadirannya pada agenda hari ini. Beliau ini sangat luar biasa, sangat memgapresiasi karya-karya anak muda,” ujar Prof. Agussani.

Prof. Agussani juga berharap Rahmat Shah dapat berkolaborasi mensukseskan Muktamar 2027 yang diselenggarakan di Sumatera Utara,

“Menjelang Mukhtamar, Kita akan membangun Auditorium, Spot center dan Masjid. Semoga kolaborasi UMSU dan Rahmat Galeri dapat memajukan kebersamaan,” harap Rektor UMSU.

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani dan Dr. Rahmat Shah dalam kesempatan itu memberikan tali asih kepada atlet berprestasi internasional yakni Mahasiswa UMSU yang berhasil meraih 2 medali emas dan 3 perunggu pada 23rd MILO OPEN KARATE CHAMPIONSHIP 2024 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selain itu Atlet Bridge yang meraih medali emas kategori pasangan mix di ajang ASEAN University Games 2024.

Turut hadir Dewan Harian Daerah 45, Mayjen Purnawirawan Muhammad Hasyim, Ketua Forum Pelestarian Budaya Sumut Dato’ Adil Haberham, Tim Pakat Melayu, Dr. Sakhyan Asmara. MSP. Para Tokoh Agama Sumut.

Hadir juga Ketua PKBM Prof. Dr. Khairil Ansari, Mpd, Para Profesor, Doktor Dan Cendikiwan, Badan Pembina Harian UMSUDr. H. Bahril Datuk, M.M, Para Wakil Rektor, Para Pimpinan Fakultas, Pimpinan Program Studi, Para Kepala Biro, Badan, Pusat Lembaga Dan Unit Di Lingkungan UMSU. ( swisma)