Rektor: FK UMSU Membanggakan, UKM PPD Lulus 100 persen

MEDAN-Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani, MAP hadiri yudisum dan sumpah dokter angkatan 32 serta janji dokter muda angkatan 26, Sabtu (13/5) di Aula Fakultas Kedokteran UMSU, Jl. Gedung Arca Medan.

Berdasarkan surat keputuasan Dekan FK UMSU, sebanayk 51 mahasiswa program studi profesi pendidikan dokter dan 5 mahasiswa program studi pendidikan dokter dinyatakan lulus dan berhak mengikuti prosesi tersebut.

Yudisium yang dilaksanakan terasa istimewa karena para peserta meraih kelulusan 100% Uji Kompetisi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKM PPD).

Bahkan ada dua orang lulusan yang meraih nilai sempurna dengan indeks prestasi kumulatif 4, 0 yakni. Oche Avena Yulhan dan Mutiara Yusfah Putri

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP menyambut kabar membanggakan dengan syukur dan bangga karena sejak tahun 2008, FK UMSU terus berprogres lebih maju.

“Kebanggaan ini tentu menjadi sejarah, UKM PPD dari tahun 2008 fakultas kedokteran didirikan, di usia yang ke-13 berhasil meraih kelulusan 100% ujian kompetensi dokter, ini sangat luar biasa. Sangat membanggakan dan ini membuktikan bahwasanya fakultas kedokteran kita bukan kaleng-kaleng,” ujar Prof. Agussani.

Keberhasilan tersebut tidak lepas dari meningkatnya kualitas fasilitas dan infrastuktur FK UMSU.

Pencapaian tersebut juga sejalan dengan diraihnya akreditasi unggul program studi profesi kedokteran dan sarjana kedokteran FK UMSU.

Dekan FK UMSU Dr. Siti Masliana Siregar, Sp. THT-KL(K) melaporkan, mahasiswa yang lulus pada angkatan ini juga telah melalui proses pendidikan profesi di Badan SAR Nasional (Basarnas) selama dua minggu.

Belajar menyelamatkan pasien-pasien di daerah rawan bencana, proses ini tidak terlepas dari kerjasama yang telah dilakukan FK UMSU dengan Basarnas sejak tahun 2007.

Menutup prosesi yudisium dan janji dokter muda, Prof. Agussani mengucapkan selamat atas kelulusan dan terima kasih kepada mahasiswa maupun orangtua yang telah mempercayakan Fakultas Kedokteran UMSU.

Dia juga menyampaikan rasa bangga kepada Shofia Rahma Harahap, mahasiswi FK UMSU yang mengharumkan nama universitas setelah berhasil mengikuti pertukaran mahasiswa Internasional pada program IISMA 2022 di Irlandia.

Sementara dr. Mutiara Yusfha Putri Sihotang sebagai lulusan terbaik dengan IPK 4,0, memberikan motivasi kepada teman seangkatannya untuk terus berproses dan belajar agar bisa lulus koas 100% seperti UKM PPD seangkatannya.

“Terima kasih kepada kedua orangtua yang selalu bersujud dan berdoa untuk kesuksesan kami,” ujarnya

Kepala RSUD Deli Serdang dr. Hanip Fahri, MM, M.Ked(KJ), Sp.KJ, dalam sambutannya, mengucapkan selamat dan mengingatkan para dokter muda untuk terus mengasah kemampuan, mengukuti perkembangan di dunia kedokteran.

Dia juga minta kepada para dokter untuk menjaga integritas profesi.

Turut hadir pada kegiatan Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono, S.E., M.M. dan Wakil Dekan IFK UMSU, Dr. dr. Nurfadly, MKT, Wakil Dekan III FK UMSU dr. Muhammad Edy Syahputra Nasution, M.Ked(ORL-HNS), Sp.THT-KL serta para orangtua . ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.